×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 3 metode membuat kopi dingin, mana nih yang kamu suka?

0

N/A

Inilah 3 metode membuat kopi dingin, mana nih yang kamu suka?

Kopi dingin memang nikmat diminum saat cuaca panas. Metodenya ada cold brew, cold drip, dan iced coffee. Semuanya enak loh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

19 / 08 / 2019 12:52

Kopi seduh dingin alias cold brew memang pas kalau dinikmatin saat cuaca panas. Kamu setuju kan, jika kopi seduh dingin ini punya sensasi rasa tersendiri?

Metode kopi seduh dingin ini di tiap tempat punya keunikan sendiri, satu di antaranya adalah japanase brew seperti diungkapkan oleh operasional manager Kopi Seru, Amalyn Lestari saat ditemui pada saat Poppin's bazzar Aloha Summer 2019 di PVJ Bandung. "Japanese brew ini adalah teknik brewing ala jepang. Di mana air seduhan kopi yang menetes langsung masuk ke dalam gelas berisi es batu dan susu sehingga aroma dan rasa terkunci di sana", terang Amalyn.

Wih seru yah. Penasaran nih sama kopi dingin ini? Kita telusuri makin dalam yuk, biar pengetahuan kopi kamu makin luas.

1. Cold brew.

Pixabay

Loading...

Nah kalau ini kamu pasti sudah sering dengar. Dalam penyeduhannya (brewing) digunakan air dingin atau suhu kamar. Kopi sama sekali tidak terpapar (suhu) panas sehingga tidak mengekstraksi sifat acidity-nya.

Metode ini menjadi unik karena mengandalkan karena proses "perendaman" dengan durasi panjang untuk mengekstraksi kopi. Waktu yang diperlukan antara 8-12 jam, untuk rasanya lebih ringan dan yang pasti istimewa banget deh.

2. Cold drip.

Pixabay

Nah kalau yang ini intinya memanfaatkan metode tetesan. Cold drip ini pakai alat khusus berupa 2 tabung utama. Satu tabung berada di atas buat mengekstraksi kopi dan satu lagi di bawah buat nampung hasilnya.

Waktunya tergantung tetesan air kopi mengalir, biasanya nih ada pengatur khusus di alat pembuat cold drip ini, misalnya bisa distel 3 atau 5 detik. Nah, karena lebih cepat dari metode cold brew maka rasa yang didapat bakalan lebih kuat.

3. Iced coffee.

Inilah 3 metode membuat kopi dingin, mana nih yang kamu suka?

Metode yang ketiga adalah es kopi alias Iced coffeer. Metodenya adalah dengan seduhan ala manual brew biasa. Sesaat dilakukan penyeduhan lalu ditambahkan es batu buat kembali mendinginkannya. Metode ini juga ada ala jepang alias Japanese iced coffe, yakni menyeduh langsung kopi di sebuah dripper yang hasilnya langsung masuk ke dalam wadah yang udah berisi es batu.

Nah, itu tadi tiga metode seduh kopi dingin yang bisa kamu nikmatin sekaligus sudah bisa bedain dong mana cold brew, cold drip, atau iced coffee. Dan sekarang ayo kita nikmatin kopi dinginnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red