Setiap bangsa dan negara pasti memiliki sejarah panjang, baik dalam perjuangan maupun dalam tata kelola pemerintahannya. Nusantara (nama lain dari Indonesia), adalah salah satu bangsa yang amat besar dan kuat sehingga tidak heran jika bangsa-bangsa lain di luar sana kagum akan kekuatan bangsa kita.

Dalam sistem perekonomian, kita jauh lebih berjaya sebelum bangsa lain ribut soal ekonomi, sebelum bangsa lain asik dengan tembaga, logam, dan emas. Bangsa kita lebih dulu menikmatinya, bahkan alat kesenian yanh diciptakan pun rata-rata terbuat dari baja dan besi kuningan. Sebelum bangsa lain ribut soal agama, bangsa kita telah lebih dulu menampung berbagai macam agama untuk mendidik keseimbangan moral masyarakat.

Dalam masa kejayaan Nusantara yang gemilang, tentu saja ada pemerintahan yang baik dan luhur serta masyarakat yang tentram. Nah, berikut ini adalah kerajaan paling berpengaruh di Nusantara menurut berbagai sumber.

1. Majapahit.

Inilah 3 kerajaan Nusantara yang paling berpengaruh pada masanya

Majapahit adalah salah satu kerajaan adikuasa di Nusantara sekitar abad ke-13. Majapahit juga menjadi salah satu kerajaan yang mampu mempersatukan kerajaan-kerajaan yang berada di wilayah Nusantara. Selain itu, sepak terjang Majapahit dalam sistem ekonomi juga diacungi jempol oleh kerajaan-kerajaan di luar Nusantara.

2. Demak Bintoro.

Inilah 3 kerajaan Nusantara yang paling berpengaruh pada masanya

Demak Bintoro dalam Babad Tanah Jawi disebutkansebagai kerajaan pertama yang bernapaskan Islam. Demak Bintoro sendiri dipimpin oleh Raden Fatah bersama sahabat-sahabatnya, yakni Walisongo. Kehadiran Demak Bintoro sebagai kerajaan yang bernapaskan Islam telah mampu mewarnai model pemerintahan kala itu dan mempermudah dakwah Islam menyebar hingga ke pelosok Nusantara. Kerajaan inilah yang menjadi cikal bakal kerajaan Islam di Nusantara yang dapat kita temui hingga saat ini.

3. Mataram.

Inilah 3 kerajaan Nusantara yang paling berpengaruh pada masanya

Kerajaan Mataram Islam adalah kerajaan yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mataram Islam termasuk kerajaan yang memiliki sumbangsih besar terhadap lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang pada masa itu masih dalam keadaan dijajah oleh VoC. Mataram Islam termasuk kerajaan Islam terbesar setelah Demak Bintoro. Tak hanya itu, Mataram Islam hingga saat ini masih aktif sebagai kerajaan sebagaimana mestinya, baik dari segi budaya, pemerintahan, dan semacamnya meskipun berada di tengah-tengah negara republik.

Bagaimana menurutmu? Jika ada tambahan atau masukan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.