×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 10 bendungan terbesar di dunia yang pernah dibuat, bikin takjub

0

Global

Inilah 10 bendungan terbesar di dunia yang pernah dibuat, bikin takjub

Salah satunya berada di negara yang mengalami krisis ekonomi lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

06 / 03 / 2019 11:43

Bendungan adalah sebuah bangunan yang dibuat oleh manusia dengan cara menahan air sungai yang mengalir sehingga membentuk suatu tampungan air untuk menangani bencana alam seperti banjir bandang. Selain itu bendungan juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, kebutuhan air minum masyarakat, dan irigasi pertanian.

Pembangunan sebuah bendungan tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga kerja yang sangat banyak sesuai dengan kebutuhan bendungan tersebut. Berikut ini merupakan 10 bendungan terbesar di dunia yang telah berhasil dibuat oleh manusia. Apa sajakah bendungan itu? Yuk, mari lihat di bawah ini.

1. Bendungan Kariba.

Bendungan Kariba

theindependent.co.zw

Bendungan ini berada di negara Zimbabwe, Afrika. Bendungan yang memiliki panjang 628 meter dan tinggi 128 meter ini mampu menciptakan tampungan air dengan luas 5.580 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 185 miliar meter kubik. Bendungan kariba difungsikan untuk pengendalian banjir dan pembangkit listrik di daerah Zimbabwe dan Zambia.

Loading...

 

2. Bendungan Bratsk.

Bendungan Bratsk

pond5.com

Bendungan ini berada di Siberia, Rusia yang membendung Sungai Angara. Bendungan yang memiliki panjang 1.452 meter dan tinggi 125 meter ini mampu menciptakan tampungan air dengan luas 5.540 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 169,27 miliar meter kubik. Bendungan Bratsk difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

 

3. Bendungan Akosombo.

Bendungan Akasombo

kulturstudier.no

Bendungan yang membendung Sungai Volta ini berada di Ghana, Afrika. Bendungan yang memiliki panjang 700 meter dan tinggi 134 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 8.500 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 144 miliar meter kubik. Bendungan Akosombo difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan wahana rekreasi.

 

4. Bendungan Daniel Johnson.

Bendungan Daniel Johnson

philpaine.com

Bangunan yang membendung Sungai Manicouagan berada di Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang 1.310 meter dan tinggi 213 meter ini mampu menciptakan tampungan air dengan volume tampungan sebesar 139,8 miliar meter kubik. Bendungan Daniel Johnson difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

 

5. Bendungan Guri.

Bendungan Guri

hydroworld.com

Bendungan ini berada di negara yang saat ini sedang mengalami krisis ekonomi, yaitu Venezuela, Amerika Selatan. Bendungan yang memiliki panjang 1.300 meter dan tinggi 216 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 4.000 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 135 miliar meter kubik. Bendungan Guri dibuat untuk memasok 70 persen kebutuhan energi listrik di Venezuela.

 

6. Bendungan Aswan.

Bendungan Aswan

thoughtco.com

Bangunan yang membendung sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil ini berada di negara Mesir, Afrika. Bendungan yang memiliki panjang 3.830 meter dan tinggi 980 meter ini mampu menciptakan tampungan air sebesar 132 miliar meter kubik. Bendungan Aswan difungsikan untuk pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian.

 

7. Bendungan W.A.C Benett.

Bendungan W.A.C. Benett

alaskahighwaynews.ca

Bendungan ini berada di Kanada, Amerika Utara yang membendung Sungai Peace dan membentuk Danau Williston, salah satu danau yang terkenal di dunia.

Bendungan yang memiliki panjang 2.068 meter dan tinggi 183 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 1.773 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 74 miliar meter kubik. Bendungan W.A.C. Benett digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

 

8. Bendungan Krasnoyarsk.

Bendungan Krasnoyarsk

abselectro.com

Bangunan ini membendung Sungai Yenisey yang berada di Rusia. Bendungan dengan panjang 1.065 meter dan tinggi 124 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.000 kilometer persegi dengan volume tampungan sebesar 73,3 miliar meter kubik. Bendungan Krasnoyarsk dimanfaatkan sebagai pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian.

 

9. Bendungan Zeya.

Bendungan Zeya

megaconstruction.net

Masih di daerah Rusia, tepatnya di daerah perbatasan dengan Cina terdapat bendungan Zeya yang membendung Sungai Zeya. Bendungan yang memiliki panjang 714 meter dan tinggi 112 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.419 kilometer persegi dengan volume tampungan 68,42 miliar meter kubik. Bendungan Zeya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

 

10. Bendungan Robert Bourassa.

Bendungan Robert Bourassa

rockcliffeflyingclub.com

Bangunan yang yang membendung Sungai La Grande ini berada di Quebec, Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang dan 2.835 meter dan tinggi 162 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.815 kilometer persegi dengan volume tampungan sebesar 61,7 miliar meter kubik.

Bendungan Robert Bourassa dimanfaatkan sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian.

 

Nah, itu tadi penjelasan tentang 10 bendungan terbesar di dunia. Luar biasa, bukan? Mungkin dari teman-teman ada referensi bendungan terbesar lainnya yang belum dimasukkan dapat ditambahkan ke kolom komentar.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red