×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

0

Wow

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Didominasi oleh laki-laki, ternyata sejumlah perempuan ikut berperan di dalamnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

18 / 01 / 2019 11:18

Meskipun menjadi bajak laut adalah pekerjaan yang didominasi oleh laki-laki, jangan salah ternyata ada sejumlah perempuan yang di dalamnya ikut berperan. Mereka dikenal karena keganasan dan kepintarannya, dan sifat brutal di mana mereka berurusan dengan musuh-musuhnya. Mereka menanamkan rasa takut bahkan di kekaisaran yang kuat. Berikut ini adalah daftar 10 perompak wanita paling terkenal dalam sejarah.

1. Sadie the Goat.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Awalnya bernama Sadie Farrel, dia adalah bajak laut sungai Amerika yang hidup di abad ke-19. Dia menghabiskan hari-hari awalnya di New York sebagai perampok, dan mendapatkan julukan 'Kambing' dari kebiasaannya memukul kepala lawannya.

Setelah kalah dalam pertarungan dengan saingannya Gallus Mag, Sadie melarikan diri dari New York dan membentuk geng perampok baru yang akhirnya menjadi bajak laut. Mereka melakukan perjalanan di sepanjang sungai Hudson, merampok rumah-rumah pertanian dan sering kali menculik orang untuk uang tebusan. Dia pun kembali ke New York kemudian dan membuat gencatan senjata dengan Mag.

Loading...

 

2. Ratu Teuta dari Illyria.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Salah satu bajak laut wanita yang paling dikenal dalam sejarah yaitu Ratu Teuta adalah ratu bajak laut dari Illyria yang hidup pada abad ke-3 SM.

Penguasa suku Ardiaei menegaskan supremasinya atas laut Adriatik, menyerang kapal-kapal Romawi dan Yunani. Orang-orang Romawi mengirim utusan untuk bernegosiasi, tetapi Tetua membunuh salah satu dari mereka dalam pertemuan itu yang mengakibatkan perang antara kedua kerajaan.

Perang yang berlangsung dari 229 hingga 227 SM ini membawa kejatuhan Tetua. Dia diizinkan untuk memerintah Illyria, tetapi ditolak kesempatan untuk berlayar lagi.

 

3. Grace O'Malley.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Juga dikenal sebagai 'Granuaile' dan dalam banyak nama lainnya, Grace O'Malley dilahirkan dalam keluarga perompak di Irlandia. Dia mengambil pemerintahan tradisi keluarga pada 1560-an dan memimpin banyak penggrebekan di sepanjang garis pantai Irlandia.

Pada 1574, dia ditangkap oleh pasukan Inggris. Grace dipenjara selama hampir 18 bulan, tetapi dia kembali ke pembajakan setelah dibebaskan. Dia dikalahkan lagi, tetapi dalam permohonan langsung ke Ratu Elizabeth I, dia mendapatkan kembali armadanya. Dia meninggal pada 1603.

 

4. Jacquotte Delahaye.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Lahir di Haiti, Jaqcuotte Delahaye adalah seorang bajak laut yang hidup di abad ke-17. Dia menjadi bajak laut untuk merawat saudara lelakinya yang cacat mental, setelah ibunya meninggal saat melahirkannya.

Dia pernah memalsukan kematiannya untuk melarikan diri dari pemerintahan dan mengambil identitas seorang pria. Jaqcuotte kembali ke pembajakan aktif beberapa tahun kemudian, mendapat julukan 'Back From the Dead Red', dan mendominasi perairan Karibia dengan bajak laut wanita terkenal lainnya, Anne Dieu-le-Veut. Dia terbunuh dalam tembak-menembak untuk mempertahankan pulau yang telah dia tangkap.

 

5. Rachel Wall.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Dianggap sebagai wanita Amerika pertama yang menjadi bajak laut, Rachel Wall lahir pada 1760 sebagai Rachel Schmidt. Dia menikahi George Wall dan bersama beberapa teman, mereka memulai bisnis pembajakan.

Mereka bekerja dengan Isle of Shoals sebagai pangkalan, dan menangkap banyak perahu dan membunuh sekitar 25 pelaut. Setelah suami dan krunya terbunuh dalam kecelakaan laut, Rachel kembali ke Boston dan bekerja sebagai pelayan dan pencuri sesekali.

Dia ditangkap saat perampokan di sana dan digantung pada 1789, sekaligus menjadi wanita terakhir yang digantung di Massachusetts.

 

6. Sayyida al-Hurra.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Ratu bajak laut dan sekutu bajak laut Turki Barbarossa yang terkenal, Sayyida al-Hurra adalah penguasa Tetouan kota Maroko. Sebenarnya Sayyida al-Hurra adalah gelar untuk wanita bangsawan dan nama aslinya tidak diketahui.

Menguasai 1515 hingga 1542, ia menguasai bagian barat Laut Mediterania. Dia seharusnya menjadi bajak laut untuk membalas dendam pada penguasa Kristen.

Dia menikah dengan raja Maroko kemudian, tetapi akhirnya digulingkan oleh menantunya. Kehidupannya yang tersisa hilang dari sejarah.

 

7. Jeanne de Clisson.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Dikenal sebagai Lioness of Brittany, dia adalah istri Olivier III de Clisson dan ibu dari lima anak. Dia menjadi bajak laut untuk membalas dendam pada Raja Prancis Philip VI, setelah suaminya dieksekusi karena pengkhianatan.

Dia menjual semua propertinya dan membeli tiga kapal perang. Jeanne dan krunya meneror Selat Inggris, hanya menangkap kapal Prancis dan membunuh sebagian besar kru mereka.

Dia pensiun dari pembajakan pada 1356 dan kemudian menikah dengan letnan Inggris, Sir Walter Bentley.

 

8. Mary Read.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Terlahir sebagai kapten laut, Mary Read adalah teman dekat Anne Bonny. Dia dikenal karena bakatnya untuk menyamar sebagai laki-laki dan hidup tahun-tahun awal dalam penyamaran dari saudara tirinya, Markus.

Dia bergabung dengan Militer Inggris, dan jatuh cinta dengan seorang prajurit Flemish. Setelah kematiannya, dia pergi ke Karibia sebagai pelaut. Dia ditangkap oleh bajak laut di sana dan dilantik menjadi kru mereka.

Kemudian, dia bertemu dan berteman dengan Anne Bonny dan bergabung dengan kru Calico Jack. Hanya beberapa orang yang tahu bahwa dia seorang wanita. Pasukan Inggris menangkapnya dengan Jack dan kru pada 1720. Meskipun dia lolos dari eksekusi dengan Bonny, Read meninggal di penjara karena sering demam.

 

9. Anne Bonny.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Anne Bonny adalah nama yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah bajak laut wanita. Dilahirkan sebagai putri seorang pengacara Irlandia, ia menikah dengan James Bonny, seorang bajak laut berskala kecil, pada tahun 1718 dan pindah ke Bahama.

Di sana, dia jatuh cinta dengan bajak laut terkenal John 'Calico Jack' Rackham dan berpisah dengan suaminya. Dia menikahi Calico Jack dan menjadi anggota krunya. Dia mendominasi laut Karibia, bermitra dengan bajak laut wanita yang sama terkenal Mary Read dan menangkap banyak kapal.

Pada 1720, Rackham dan krunya ditangkap oleh pasukan Inggris dan dieksekusi. Anne dan Mary dibebaskan dari hukuman mati karena kehamilan mereka. Tidak jelas apa yang terjadi pada mereka selanjutnya.

 

10. Ching Shih.

Inilah 10 bajak laut wanita paling terkenal sepanjang sejarah

Sering disebut sebagai perompak wanita paling menakutkan dalam sejarah, Ching Shih adalah seorang perompak Tiongkok yang memerintah di perairan Laut Cina pada awal abad ke-19.

Dulunya adalah seorang pelacur, dia ditangkap oleh bajak laut pada tahun 1801 dan menikahi kapten geng, Zheng Yi. Dia mengambil komando armada, bernama Armada Bendera Merah, setelah kematian suaminya, dan menyerang kapal-kapal Inggris dan Cina.

Armadanya tumbuh berkali-kali dari ukuran aslinya. Pemerintah Cina membuat gencatan senjata dengannya pada tahun 1810. Dia menghabiskan sisa tahun menjalankan rumah bordil sampai kematiannya pada tahun 1844.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red