Kuliah kedokteran memang sangat diminati oleh banyak kalangan. Selain kedokteran umum ada juga pendidikan dokter gigi yang mana banyak orang menginginkan profesiini dengan berbagi alasan, salah satunya karena dapat menghasilkan banyak uang. Namun ternyata tak semudah itu untuk menjadi seorang dokter gigi. Ada banyak hal yangperlu kamu ketahui sebelum masuk kedokteran gigi.

Menjadi mahasiswa kedokteran gigi sangat menyenangkan, selalu ada duka maupun suka. Sebelum masuk kedokteran gigi, kamu perlu mempertimbangkannya matang-matang karena kedokteran gigi sangat berbeda dengan kedokteran umum. Di kedokteran umum tidak membutuhkan banyak alatseperti yang digunakan pada jurusan kedokteran gigi tiap semester. Bukan berarti mematahkan semangat untuk kamu yang punya biaya terbatas, namun memang diperlukan dukungan finansial yang matang.

Untuk sistem mata kuliahnya hampir sama dengan kedokteran umum. Di kedokteran gigi tak hanya berkutat pada gigi dan mulut aja, tapi juga diajarkan proses fisiologi tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kamu juga akan belajar anatomi tubuh manusia hingga organ-organ dalam manusia menggunakan cadaver (mayat).

Saat awalmungkin kamubakal mengira kalau kedokteran gigi tidak mengulik bagian tubuh lainnya. Tetapi banyak hubunganterkaitantara rongga mulut dengan seluruh jaringan tubuh. Selain itu, di kedokteran gigi juga mempelajari tentang psikologi, penyakit kulit kelamin, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, anestesi, parasitologi, patologi klinik, ilmu penyakit saraf dsb.Saat kuliahkedokteran maka kamu harus mengetahui seluruh penyebab dan akibat yang akan dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut maka nantinya kamu akan paham dengan kondisi pasien jika kelak sudah menjadi dokter gigi.

Selanjutnya, praktikum yang ada di kedokteran gigi sangatlah banyak. Dan yang paling menentukankemampuanmuadalah mata kuliah skillabs. Mata kuliah ini setiap semesternya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Semakin tinggi semesternya maka akan semakin susah apa yang harus kamu kerjakan. Namun tenang saja, skillabs ini serukarena selain bisa belajar mengasah skill, kamujuga bisa saling belajar dan mengajari temanmu.

Selain skillabs juga ada kelas diskusi yang terdiri dari 12-14 orang dalam satu kelompok. Di kelas diskusi ini kamu dilatih bagaimana untuk berdiskusi memecahkan suatu masalah dan berlatih memberikan pendapat yang mana tiap kelompok memiliki dosen pendamping masing-masing. Pada awal pertemuan kelas diskusi ini tiap kelompok diberikan suatu kasus seputar kedokteran gigi sesuai dengan semester yang diajarkan. Lalu mahasiswa diwajibkan mencari penyebab, akibat, dan solusinya.

Kedokteran gigi sangatlah seru bagi kamu yang lebih suka mengasah skill dan otak. Tetapi memang biaya kuliahnya tidak semurah yang kamu pikirkan karena akan membutuhkan alat yang bagus untuk menunjang hasil yang maksimal.