×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan masuk kedokteran gigi

0

Kesehatan

Ini yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan masuk kedokteran gigi

Foto: Michal Jarmoluk dari Pixabay

Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum masuk jurusan kedokteran gigi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nabilla Alfiani Rizqi

24 / 07 / 2020 15:10

Kuliah kedokteran memang sangat diminati oleh banyak kalangan. Selain kedokteran umum ada juga pendidikan dokter gigi yang mana banyak orang menginginkan profesi ini dengan berbagi alasan, salah satunya karena dapat menghasilkan banyak uang. Namun ternyata tak semudah itu untuk menjadi seorang dokter gigi. Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum masuk kedokteran gigi.

Menjadi mahasiswa kedokteran gigi sangat menyenangkan, selalu ada duka maupun suka. Sebelum masuk kedokteran gigi, kamu perlu mempertimbangkannya matang-matang karena kedokteran gigi sangat berbeda dengan kedokteran umum. Di kedokteran umum tidak membutuhkan banyak alat seperti yang digunakan pada jurusan kedokteran gigi tiap semester. Bukan berarti mematahkan semangat untuk kamu yang punya biaya terbatas, namun memang diperlukan dukungan finansial yang matang.

Untuk sistem mata kuliahnya hampir sama dengan kedokteran umum. Di kedokteran gigi tak hanya berkutat pada gigi dan mulut aja, tapi juga diajarkan proses fisiologi tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kamu juga akan belajar anatomi tubuh manusia hingga organ-organ dalam manusia menggunakan cadaver (mayat).

Saat awal mungkin kamu bakal mengira kalau kedokteran gigi tidak mengulik bagian tubuh lainnya. Tetapi banyak hubungan terkait antara rongga mulut dengan seluruh jaringan tubuh. Selain itu, di kedokteran gigi juga mempelajari tentang psikologi, penyakit kulit kelamin, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, anestesi, parasitologi, patologi klinik, ilmu penyakit saraf dsb. Saat kuliah kedokteran maka kamu harus mengetahui seluruh penyebab dan akibat yang akan dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut maka nantinya kamu akan paham dengan kondisi pasien jika kelak sudah menjadi dokter gigi. 

Selanjutnya, praktikum yang ada di kedokteran gigi sangatlah banyak. Dan yang paling menentukan kemampuanmu adalah mata kuliah skillabs. Mata kuliah ini setiap semesternya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Semakin tinggi semesternya maka akan semakin susah apa yang harus kamu kerjakan. Namun tenang saja, skillabs ini seru karena selain bisa belajar mengasah skill, kamu juga bisa saling belajar dan mengajari temanmu.

Loading...

Selain skillabs juga ada kelas diskusi yang terdiri dari 12-14 orang dalam satu kelompok. Di kelas diskusi ini kamu dilatih bagaimana untuk berdiskusi memecahkan suatu masalah dan berlatih memberikan pendapat yang mana tiap kelompok memiliki dosen pendamping masing-masing. Pada awal pertemuan kelas diskusi ini tiap kelompok diberikan suatu kasus seputar kedokteran gigi sesuai dengan semester yang diajarkan. Lalu mahasiswa diwajibkan mencari penyebab, akibat, dan solusinya.

Kedokteran gigi sangatlah seru bagi kamu yang lebih suka mengasah skill dan otak. Tetapi memang biaya kuliahnya tidak semurah yang kamu pikirkan karena akan membutuhkan alat yang bagus untuk menunjang hasil yang maksimal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red