×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini penyebab gangguan pencernaan dan cara mengatasinya

0

Kesehatan

Ini penyebab gangguan pencernaan dan cara mengatasinya

Jika dibiarkan, gangguan pencernaan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada sistem pencernaanmu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

09 / 09 / 2019 12:59

Gangguan pencernaan sering kali dianggap sebagai masalah sepele dan dibiarkan begitu saja tanpa diobati. Padahal, jika dibiarkan gangguan pencernaan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada sistem pencernaanmu. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi gangguan sistem pencernaan.

atasi-gangguan-sistem-pencernaan

Sumber: https://rheumapas.com/

Kamu mungkin pernah merasakan perut kembung, begah, sakit yang disertai sensasi panas tepat di bagian atas perut dan di bagian bawah tulang dada kamu. Hal ini dapat terjadi akibat adanya gangguan pencernaan atau yang juga dikenal dengan istilah dispepsia. Gangguan pencernaan juga bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah lain sepert penyakit maag, gastroesophageal reflux disease (GERD), dan kandung empedu.

Apabila gangguan pencernaan tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada sistem pencernaan kamu, seperti pada jaringan esofagus atau bagian perutmu. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui penyebab dari gangguan pencernaan agar kamu dapat menghindar atau mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan karena gangguan sistem pencernaan. 

Loading...

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

1. Pola makan buruk.

Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gangguan pencernaan. Pola makan yang buruk akan menurunkan energi di tubuh kamu yang berguna untuk mencerna dan menyerap makanan. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan membutuhkan asupan makanan secara teratur agar dapat bekerja dengan baik.

2. Kurang asupan buah dan sayur.

Buah dan sayur merupakan asupan makanan yang kaya akan serat, yang mana sangat baik untuk sistem pencernaanmu. Dalam buah dan sayur terdapat banyak vitamin yang nantinya akan diserap oleh sistem pencernaan. Selain itu vitamin yang terkandung pada buah dan sayuran juga berfungsi untuk membersihkan rongga usus yang terdapat di perut.

3. Mengonsumsi alkohol.

Mengonsumsi minuman keras seperti alkohol sangatlah buruk untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan pencernaan. Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada perut, yang tentunya hal ini akan mengganggu proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi penting dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan peradangan pada pankreas yang membuat kamu mual dan muntah-muntah.

4. Punya riwayat maag.

Penderita maag akan mengalami gangguan pencernaan ketika tidak mengatur pola makannya dengan baik. Hal ini disebabkan karena kondisi lambung yang sedang tidak baik sehingga pencernaan pun akan ternganggu.

Kunci utama untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Di antaranya adalah makan sehat dan teratur, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Selain itu, hindari juga kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein, mengonsumsi makanan yang digoreng, makan larut malam, makan permen karet, dan minum minuman bersoda.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red