×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini modal awal memulai jadi pemandu wisata dan keuntungan yang didapat

0

Life

Ini modal awal memulai jadi pemandu wisata dan keuntungan yang didapat

Tak hanya keahlian berkomunikasi, wawasan luas soal pariwisata dan kebudayaan juga diperlukan oleh profesi ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Deni Martin

22 / 01 / 2019 14:42

 

Berprofesi menjadi seorang pemandu wisata akan menuntut keahlianmu dalam berkomunikasi. Profesi ini juga menuntut wawasan yang luas tentang pariwisata dan kebudayaan. Sebab, tentunya seorang pemandu wisata perlu menjelaskan tentang sebuah objek yang sedang dikunjungi.

Profesi pemandu wisata saat ini sudah mulai dihargai dan digemari banyak orang. Pasalnya, sektor pariwisata merupakan salah satu sumber ekonomi negara yang paling besar. Jadi, wajar jika saat ini persaingan menjadi pemandu wisata cukup ketat dan perlu beberapa modal untuk menjadi pemandu wisata agar dapat merasakan keuntungannya.

 

Keuntungan menjadi pemandu wisata.

Dengan menjadi pemandu wisata, kamu akan mendapat banyak keuntungan yang belum tentu bisa didapatkan oleh profesi lain. Misalnya, salah satu yang menjadi rahasia umum adalah adanya uang tip atau komisi yang biasa didapatkan oleh seorang pemandu wisata.

Uang tip memang biasanya hanya didapatkan dari turis yang sedang ditemani, namun komisi bisa datang dari berbagai tempat yang dikunjungi oleh pemandu wisata dengan membawa kliennya. Biasanya hotel, restoran, atau tempat spa akan memberikan komisi beberapa persen atas jasa pemandu wisata yang membawakan mereka customer.

Tidak hanya itu, seorang pemandu wisata juga akan mendapat kesempatan menemukan relasi baru. Jika kamu pandai bergaul, bisa saja turis yang kamu temani liburan malah menjadi relasimu.

Selain itu, kamu juga bisa mendapat kesempatan jalan-jalan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Pasti menyenangkan, kan, bekerja sambil liburan dan tidak perlu mengeluarkan sama sekali uang?

 

Modal untuk memulai karir sebagai pemandu wisata.

Sama saja seperti mau memulai usaha, memulai sebuah profesi juga membutuhkan modal. Hanya saja, modal dari memulai sebuah profesi biasanya berupa ilmu. Begitu juga dengan pemandu wisata, kamu akan membutuhkan modal berupa beberapa ilmu berikut.

1. Kuasailah bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Kenapa bahasa Inggris? Sebab, bahasa ini merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Oleh karena itu, mencari tempat kursus bahasa Inggris terbaik akan sangat membantumu dalam memulai karier sebagai pemandu wisata.

 

2. Penuhi isi otakmu dengan pengetahuan sejarah dan kebudayaan dari berbagai tempat.

Hal ini akan sangat membantumu menjadi pemandu profesional sehingga ketika akan ditempatkan dimanapun kamu sudah siap untuk menjalaninya.

 

3. Ikuti kursus khusus untuk pemandu wisata.

Kursus ini dapat membuatmu mendapatkan lisensi dan sertifikasi pemandu wisata terpercaya. Dengan begitu klien akan lebih yakin untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

 

4. Latih kepercayaan diri berbicara di depan orang dan latih kemampuan komunikasimu.

Ketahuilah bahwa ada beragam tipe orang dan tentunya cara untuk berkomunikasi yang disukai oleh orang-orang tersebut bisa saja berbeda. Yang perlu kamu lakukan adalah melatih bagaimana cara berkomunikasi yang menyenangkan dan disukai banyak orang.

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan modal yang perlu kamu lakukan dalam menjalani profesi pemandu wisata. Jika kamu serius menjalani profesi dan mimpi sebagai pemandu wisata, kamu pasti kelak akan sukses dengan kegigihan yang kamu miliki.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red