Saat udara dingin tiba, sup yang hangat pasti menjadi salah satu makanan favorit. Tidak hanya pada saat udara dingin, saat cuaca netral pun tidak jarang sup dihidangkan. Sup memang populer di berbagai negara, termasuk di negara-negara dalam kawasan Asia.

Sup-sup di Asia umumnya berbeda dengan sup-sup di kawasan Barat, seperti di negara-negara Eropa. Jika sup di negara-negara Eropa lebih didominasi dengan sup kental (sering diberi krim), sup di negara-negara Asia lebih bersifat sup bening. Bumbu sup di negara-negara Asia pun umumnya lebih semarak dengan harum bawang yang segar. Kesegaran sup pastinya juga dapat dijadikan pilihan untuk menu berbuka puasa juga. Sup-sup apa saja, sih, yang super lezat dan terkenal di Asia? Kita bahas 4 sup dari Asia, ya!

1. Sup Miso.

Ini lho 4 sup lezat yang terkenal di Asia

Sumber foto: The Vegan Coner/www.thevegancorner.com/Miso Soup

Sup miso ini berasal dari Jepang dan tentu sangat terkenal di Jepang. Sup ini biasa dihidangkan pada pagi hari atau malam hari. Sebenarnya, apa itu miso? Miso itu sejenis tauco. Ada yang berwarna cokelat dan ada yang merah. Miso berwarna cokelat rasanya lebih kuat dibandingkan miso berwarna merah. Lalu, apa saja isi sup miso ini? Miso ini terdiri atas ganggang laut (dapat diganti dengan yang lainnya), miso, fillet daging ikan (biasanya fillet ikan kakap), tahu Jepang atau tofu, daun bayam, daun bawang, jamur shitake kering, dan dashi. Dashi ini merupakan kaldu untuk bahan dasar sup khas dari Jepang.

2. Sup Juan Lo.

Sup Juan Lo ini berasal dari Korea. Sup ini merupakan perpaduan yang unik. Kenapa? Karena di dalamnya ada daging (ayam atau sapi), cumi-cumi, telur dadar yang digulung, hingga kacang mete yang digoreng. Bisakah kamu membayangkan rasanya? Pasti meriah, ya! Atau mungkinkamu sudah pernah mencobanya? Lalu, di mana letak sayuran yang menjadi ciri khas sup Asia? Tunggu dulu, tetap ada sayurannya, seperti wortel, daun bawang, dan bawang putih dalam sup ini. O, ya, kekhasan sup ini ada pada sausnya juga. Saus untuk Juan Lo ini berupa saus wijen. Wah, pasti super lezat.

3. Sup Buntut.

Siapa yang tidak kenal sup buntut di sini? Sup yang berasal dari Indonesia ini menempati hati para pencinta sup, khususnya di Indonesia. Sup ini terkenal kelezatannya, tidak kalah lezat dari sup di negara-negara Asia lainnya. Isian sup buntut ini terdiri atas buntut sapi, wortel, daun bawang, kentang, jahe, seledri, hingga bawang putih dan bawang merah. Tidak jarang pula tomat ditambahkan dalam sup buntut. Sup gurih ini sangat layak dijadikan makanan untuk menghangatkan tubuh dan juga menambah tenaga untuk menghadapi hari yang padat.

4. Sup Kimlo.

Ini lho 4 sup lezat yang terkenal di Asia

Sumber foto: flickr.com/Kimlo (Soup)

Sup kimlo yang berasal dari Cina ini sudah cukup terkenal juga di Indonesia. Sensai soun berpadu dengan sayuran menambah kelezatan cita rasa sup kimlo itu sendiri. Sup ini terdiri atas daging ayam, baso ikan, udang basah, soun, jamur kuping, wortel, bawang merah, bawang putih, hingga kapri. Bagi penyuka sensasi rasa lada, biasanya dalam sup kimlo dapat ditambahkan taburan lada juga. Sup ini mengenyangkan, pastinya!

Sup-sup dari negara-negara di Asia ini benar-benar menggugah selera makan, bukan? Bagaimana, sup apa yang ingin kamu cicipi hari ini? Dinikmati bersama orang-orang tercinta pasti cita rasa sup akan terendus lebih lezat!