×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dampak positif dan negatif kemajuan teknologi bagi masyarakat

0

N/A

Ini dampak positif dan negatif kemajuan teknologi bagi masyarakat

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani 'technologia', 'tech' berarti keahlian dan 'logia' berarti pengetahuan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Agil Riziq Pajari

07 / 11 / 2020 10:23

Teknologi merupakan alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia, tech yang berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.

Teknologi pada zaman dahulu berupa mesin dan peralatan yang dibuat oleh manusia sesuai dengan kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan. Namun dengan seiringnya waktu, teknologi berkembang dengan pesat.

Di Jepang mereka sudah dapat membuat robot yang menyerupai manusia, dan dalam perkembangannya robot tersebut akan diberikan “otak” yang memiliki kepintaran menyerupai manusia. Seiring perkembangan zaman, apakah teknologi dapat menggantikan posisi manusia?

Kemajuan teknologi dapat berdampak pada masyarakat, baik itu dampak positif dan negatif. Kedua dampak tersebut akan selalu berdampingan. Dampak dari kemajuan teknologi bisa dilihat dan rasakan di wilayah sekitar kita. Orang-orang sekarang sangat bergantung pada teknologi khususnya gadget, ditambah jaringan internet yang mencakup hampir seluruh dunia.

Semakin canggih teknologi, maka akan semakin cepat dan mempermudah pekerjaan manusia yang menggunakannya. Kalau dulu menulis surat kabar menggunakan tinta dan ditulis tangan, pada tahun 1450-an Gutenberg membuat sebuah mesin cetak yang dapat mempermudah pembuatan surat kabar, buku, dan lain-lain.

Loading...

Jika dulu ingin mengirim pesan kepada kekasih, kerabat, dan keluarga, kamu harus menulis surat dan mengirimkannya melalui kantor pos, yang memakan waktu sangat lama untuk sampai ke tempat tujuan. Sekarang dengan mudahnya hanya perlu koneksi internet dan gadget kamu bisa mengirim email dan diterima dengan hitungan detik saja. Kedua hal tersebut adalah beberapa  contoh dari banyaknya dampak positif kemajuan teknologi bagi masyarakat.

Tak bisa dipungkiri dan dihindari bahwa teknologi juga bisa membawa dampak negatif seiring perkembangannya. Di antaranya seperti penyebaran berita bohong, disinformasi, berita yang dipelintir agar orang-orang terhasut untuk berbuat hal-hal yang merugikan, penyalahgunaan identitas seseorang untuk tindak kejahatan, pencurian data informasi penting orang-orang penting, bahkan negara.

Ada juga kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh gadget, di mana seseorang menggunakan gadget mereka di saat sedang mengendarai kendaraan roda dua ataupun roda empat. Dan yang sekarang sedang sering terjadi di kalangan masyarakat ialah tindakan provokasi melalui media sosial, ajakan untuk membenci, menghina, hate speech kepada seseorang dengan tujuan untuk menjatuhkan, membuat citra buruk, dan mengganggu kedudukan jabatan seseorang. Kemajuan teknologi bisa dianalogikan seperti kehidupan manusia yang memiliki sisi buruk dan sisi baik di setiap perjalanan hidupnya.

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat, terutama di Indonesia. Sekarang internet sudah merata ke seluruh kota hingga desa-desa kecil. Meskipun belum semua kebagian jaringan internet, mayoritas sudah bisa menikmati akses internet dengan bebas.

Di Indonesia pun terdapat UU yang mengatur penyebaran informasi dan transaksi yang ada di internet, yaitu UU ITE. Meskipun kamu bebas mengakses, mencari, dan memberikan informasi di Internet, nyatanya kamu tidak bisa sembarangan untuk menyebarkan informasi di dunia maya.

Meskipun banyak dampak yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi. Semuanya tergantung cara penggunaan dan pemanfaatan teknologi oleh masyarakat. Sebisa mungkin untuk memanfaatkan teknologi dengan baik, layaknya tujuan utama teknologi yaitu untuk mempermudah dan membantu manusia dalam menjalani berbagai aktivitas. Kita harus cerdas dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Jangan sampai menyalahgunakan teknologi dengan menyebarkan hal-hal yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red