×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini alasan Gubernur NTT ingin tutup kawasan Taman Nasional Komodo

0

News

Ini alasan Gubernur NTT ingin tutup kawasan Taman Nasional Komodo

Gebrakan besar dilakukan Gubernur NTT yang baru dilantik. Ia mewacanakan penutupan kawasan Taman Nasional Komodo bagi masyarakat dan wisatawan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

AHMAD FAUZI

26 / 01 / 2019 16:07

Setelah rencana kenaikan tiket masuk kawasan Taman Nasional Komodo bagi wisatawan, kali ini Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat membuat gebrakan akan menutup kawasan Taman Nasional Komodo selama satu tahun lamanya.

Seperti yang diberitakan detik.news, alasan utama penutupan kawasan Taman Nasional Komodo bagi para wisatawan adalah keprihatinan dengan keadaan komodo. Komodo yang ada di sana kurus-kurus dan kecil-kecil yang diakibatkan oleh berkurangnya populasi rusa yang merupakan makanan utama binatang purba ini.

Penutupan ini dilakukan untuk menata kembali kawasan Taman Nasional Komodo yang rencananya akan dilakukan oleh pemprov NTT.

"Insting sebagai binatang akan muncul apabila rantai makanan komodo berkurang . Apabila makanan utamanya melimpah , maka instingnya akan bebeda .Hal itulah yang mendorong pemerintah melakukan penataan kawasan komodo dengan menutup sementara kawasan itu dari kunjungan wisatawan selama satu tahun", ujar Viktor.

Viktor mengkhawatirkan jika populasi rusa yang merupakan makanan komodo berkurang jumlahnya akan mengakibatkan binatang purba ini menjadi kanibal, yakni memakan antar sesamanya sendiri.

Loading...

Penutupan wajar dilakukan jika melihat kondisi seperti ini, mengingat jumlah komodo yang semakin sedikit dan hampir punah. Walupun nanti dampaknya adalah kunjungan para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang mengunjungi NTT akan berkurang. Maka dari itu pemerintah NTT harus mensosialisakan alternatif pariwisata lain selain Taman Nasional Komodo kepada para wisatawan. (afau)






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red