×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 6 cara menyimpan pisang agar tahan lama dan tidak membusuk

0

N/A

Ini 6 cara menyimpan pisang agar tahan lama dan tidak membusuk

Cara yang ampuh untuk menjaga pisang tetap dalam keadaan segar tanpa membusuk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

10 / 04 / 2019 10:17

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini? Dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut, tidak heran banyak orang yang menyukainya. Terlebih lagi pisang adalah buah musiman, jadi pasti kamu sering menemukannya setiap saat. Ditambah lagi pisang sering dijadikan olahan makanan sepeti kripik, kolak, manisan, jus, dan lain-lain.

Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan para ibu hamil pun selalu memberikan pisang pada buah hatinya. Maka tak jarang setiap orang menyimpan pisang sebagai stok di rumahnya.

Pernahkah kamu menyimpan pisang dalam waktu yang lama dengan alasan untuk pencuci mulut? Pasti buah ini cepat membusuk, kulitnya berubah warna dengan bintik cokelat, serta lembek seperti gambar di bawah.

Ini 6 cara menyimpan pisang agar tahan lama dan tidak membusuk

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Loading...

Pada umumnya pisang yang sudah matang bila disimpan telalu lama memang kondisinya akan seperti itu. Namun, tentunya kamu tidak mau kan hal itu terjadi, nanti tidak ada yang mau makan. Nah, kamu tidak usah khawatir lagi sebab ada cara yang ampuh untuk menjaga pisang tetap dalam keadaan segar tanpa membusuk.

1. Jangan sampai pisang terkena sinar matahari.

Cara pertama agar pisang tidak cepat membusuk, kamu harus menyimpannya jauh dari sinar matahari langsung. Cukup simpan saja di dalam ruangan pada suhu yang nomal agar warna kulit pisang tidak berubah.

 

2. Jangan simpan di dalam kulkas.

Buah yang disimpan pada lemari es memang akan selalu segar dan tahan lama, namun cara itu tidak berlaku pada beberapa buah, salah satunya pisang. Suhu yang dingin pada lemari es akan membuatnya lembek dan membusuk, jadi simpan saja pada suhu ruangan yang normal.

 

3. Pastikan pisang mendapat sirkulasi udara.

Jika kamu menaruh pisang matang masih di dalam plastik pembeliannya dengan alasan agar pisang tidak membusuk, itu salah. Dengan keadaan pisang yang seperti itu maka pisang tidak mendapatkan udara sesuai kebutuhannya sehingga akan membuat pisang tambah matang dan membusuk.

 

4. Bungkus ujung tangkai pisang.

Pisang memiliki gas etilen pada tangkainya di mana gas itu bisa memengaruhi tingkat kematangan pisang. Jika pisang terkena gas itu maka bisa membuat pisang cepat matang, maka dari itu tutup ujung tangkai pisang agar gas etilen tidak sampai mengenai pisang. Kamu bisa membungkusnya dengan plastik biasa atau alumunium foil.

 

5. Jangan simpan pisang berdekatan dengan buah lainnya.

Gas etilen juga terdapat pada buah lainnya, seperti semangka, mangga, pir, dan nanas. Jadi ketika kamu membungkus tangkai pisang tapi disimpan berdekatan dengan buah lain kan percuma saja, pisang tetap akan cepat membusuk.

 

6. Simpan dengan menggantungnya.

Dan yang terakhir, kamu bisa simpan pisang dengan menggantungnya. Ini adalah salah satu cara yang paling umum. Mungkin kamu juga pernah melihat pisang digantung di acara nikahan atau pada penjual pisang karena cara ini memang benar sangat ampuh.

Nah, dari ke 6 tips ini semuanya kamu perlu ikuti dan pahami, jangan sampai salah. Contohnya kamu menggantung pisang namun tidak dibungkus tangkainya. Dan yang paling penting perhatikan suhu ruangan, jangan sampai terlalu dingin ataupun panas.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red