×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

0

Jalan-Jalan

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

Ada kue berwarna pink yang dibuat dengan cetakan khusus berpola unik, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Calvin Leonardo, Holder of "Beasiswa Unggulan" Trisakti School of Tourism

17 / 09 / 2018 15:11

Kalau ngomongin soal kuliner oriental, apa yang ada di benakmu? Kesampingkan dulu makanan berbahan mie dan kawan-kawannya. Karena di Sumatera Utara terdapat berbagai olahan makanan oriental yang mungkin belum biasa kamu jumpai. Bentuknya pun sangat menarik hati. Nah, seperti apa sih kuliner oriental unik khas Sumatera Utara? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tau Kua Heci.

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

makanmana.net

'Tau Kua' dalam Bahasa Hokkien berarti 'tahu' dah 'Heci' berarti bearti 'rempeyek udang'. Makanan ini terdiri atas potongan tahu, udang goreng, kepiting goreng, tauge, kangkung, dan rempeyek udang yang disiram dengan saus manis berwarna orange kemerahan di atasnya.

2. Ciau Kha Hu.

Loading...

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

pictacat.com

Ciau Kha Hu merupakan hidangan ikan yang dibuat dari ikan ekor tegang. Hidangan ini biasanya dapat ditemui di daerah Pulo Brayan, Medan. Uniknya, sebelum digoreng, ikan diberikan sambal terasi di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Daun pisang  memberikan aroma yang khas saat digoreng. Tak hanya itu, daun pisang dapat menjaga sambal terasi agar  tidak berceceran saat digoreng. Satu hal lagi, kulit ikan ini tidak bisa dimakan karena teksturnya yang keras dan tajam.

3. Lau Shu Fan.

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

youtube.com/watch?v=zIUxJ_ATuSo

Lau Shu Fan merupakan mie yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk menyerupai butiran beras panjang. Mie ini memiliki ukuran yang besar dan bertekstur kenyal, serta memiliki rasa yang hampir sama dengan kwetiau.

Pada umumnya, mie ini disajikan dengan suwiran ayam kecap dan potongan daun bawang di atasnya. Ada juga yang menumisnya dengan menambahkan aneka sayuran dan daging lainnya.

4. Tahu Balik.

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

makanmama.net

Sesuai dengan namanya, tahu balik dibalik sebelum diolah lebih lanjut. Tahu yang sudah digoreng, dibelah dan dibalik sisi luar dan dalamnya. Bagian putih tahu menjadi menghadap ke luar dan bagian kulit coklat tahu berada di dalam.

Setelah dibalik, bagian tengah tahu diisi dengan adonan baso ayam atau ikan dan kemudian digoreng hingga garing. Tahu balik biasanya dinikmati dengan sambal kecap manis yang dicampur dengan cabai rawit giling. Gorengan ini biasanya dijual di daerah Binjai, Sumatera Utara.

5. Teow Ciu Kue.

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

pintaram.com/t/angkaktho

Kue yang berwarna merah muda ini terbuat dari tepung beras. Bagian dalamnya diisi dengan isian asin seperti ketan, ebi, dan kacang tanah atau isian manis seperti kacang hijau. Kue ini dicetak dengan cetakan khusus berpola unik dan kemudian dikukus hingga matang. Tekstur kue ini kenyal dan  mirip dengan Kue Ku, khas Indonesia.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red