Nama Soto Betawi dikenal oleh masyarakat umum di tahun 1977 / 1978. Meski begitu, Soto Betawi sudah dijual dan dikenal beberapa kalangan masyarakat sebelumnya. Nama Soto Betawi pertama kali dipopulerkan oleh Lie Boen Po.Ia adalah penjual soto pertama yang memakai istilah Soto Betawi untuk menjual sotonya.

Soto betawi ini dijual di THR Lokasari atau Prinsen Park. Soto Betawi ini hadir dengan rasayang sangat khas. Pada tahun-tahun itu, nama soto biasanya disebut sebagai soto Pak X dan sebutannya lainnya, termasuk untuk Soto Betawi. Nama Soto Betawi ini mulai populer dan banyak digunakan oleh masyarakat setelah penjual soto itu tutup di tahun 1991. Sejak saat itulah Soto Betawi menjadi populer di seantero Jakarta dan banyak kota lain di Indonesia.

Ini 5 hal penting untuk ciptakan Soto Betawi dengan cita rasa dahsyat

Foto: s3.bukalapak.com

Buat kamu yang pengen cobain memasak Soto Betawi, 5 hal penting ini perlu kamu perhatikan untuk menciptakan rasa Soto Betawi yang dahsyat.

1. Penggunaan daging.

Daging yang digunakan untuk mengolah Soto Betawiadalah daging sandung lamur. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan aneka jerohan seperti babat dan paru.

2. Rebus daging.

Rebus daging dalam air secukupnya hingga empuk. Sisa air rebusan dapat dijadikan kaldu sehingga kuah sotonya akan semakin gurih.Khusus untuk jerohan, sebaiknya cuci hingga bersih kemudian rebus dengan daun jeruk dan daun salam hingga empuk. Perlu diingat, jangan menggunakan sisa air rebusan jerohan.

3. Beri bumbu.

Untuk membuat soto khas Betawi dibutuhkan beberapa racikan bumbu rempah yang pas, seperti kapulaga, kayu manis, jintan, daun jeruk, dan serai. Selain itu, ada juga bumbu wajib yang harus dicampurkan seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar serta gula dan garam.

4. Pakai santan.

Jika ingin membeli kelapa untuk santan, sebaiknya pilih kelapa segar yang tua dengan daging tebal. Kupas bagian kulit luarnya kemudian parut dengan gerigi besi dan peras hingga hasilkan santan yang sempurna.

Selain itu, kamu juga dapat langsung memarut di pasar, asalkan pilih kelapanya segar. Agar makin enak, sebaiknyasantanlangsung dimasak atau bisa disimpan dalam freezer. Kalau ingin mengurangi lemak, kamu juga dapat mengganti setengah cairan santan dengan susu rendah kalori.

5. Sajikan dengan pelengkap.

Tambahkan irisan tomat dan kentang di dalamnya. Agar makin mantap, kamu juga dapat memberikan pelengkap berupa taburan bawang goreng, irisan daun bawang, acar, serta emping yang renyah. Hmm, mantap!

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menciptakan Soto Betawi dengan cita rasa dahsyat. Selamat mencoba!