×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ingin tambahan uang jajan? 17 Ide bisnis buat pelajar ini bisa dipilih

0

Ekonomi

Ingin tambahan uang jajan? 17 Ide bisnis buat pelajar ini bisa dipilih

Foto: www. Pixabay. com

Ide-ide bisnis atau profesi kerja ini dapat disesuaikan dengan minat, bakat, serta skill yang dimiliki pelajar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Royani Royani

25 / 09 / 2019 12:37

Berasa sedih ya, bila uang saku tidak mencukupi keperluan sekolah? Ingin meminta lagi pada orang tua, tidak enak. Apalagi bila keadaan ekonomi keluarga juga terbilang pas-pasan. Bisa sekolah dan mendapat uang jajan saja sesuatu yang patut disyukuri. Mengingat masih banyak teman tidak bisa mengenyam pendidikan sama sepertimu karena faktor ekonomi.

Tapi kamu tidak perlu bersedih. Sekalipun berstatus pelajar, bisa kok nyambi cari uang sendiri. Cara melakukannya pada saat pulang sekolah. Daripada dibuat untuk hal yang tak penting seperti keluyuran atau cuma mainan gadget di kamar, alangkah baiknya waktu dipergunakan dengan baik. Selama kamu dapat membagi waktu, tak ada salahnya menekuni beberapa ide bisnis atau profesi seperti yang ditulis di bawah ini.

1. Jualan handphone bekas.

Bisnis tersebut bisa dikerjakan oleh siapa saja. Bahkan dirimu yang notabene masih berstatus pelajar SMP juga bisa. Modalnya tidak terlalu besar. Kamu bisa menabung terlebih dahulu untuk membeli handphone bekas. Cara menjualnya dengan ikut gabung di grup lapak jual beli ponsel yang banyak tersebar di Facebook dengan memakai sistem COD. Tapi ingat ya, sebagai penjual tetaplah berusaha amanah. Meski dirimu terbilang masih muda, namun jika kamu bisa dipercayai pembeli, bukan tak mungkin usahamu menjadi lancar dan orang tertarik membeli barang di tempatmu.

2. Menggelar lapak reparasi.

Loading...

Bisa dilakukan sesuai hobi atau jurusan sekolah tempatmu menimba ilmu. Misalnya kamu menempuh pendidikan SMK jurusan elektro, mesin, listrik, komputer atau tata busana. Nah, sembari bersekolah, di waktu senggang kamu juga bisa praktik di rumah. Bergabung di bengkel atau toko gadget bagi kamu yang ahli ilmu elektro, mesin, atau komputer. Membuka jasa reparasi baju atau bila sempat membuat baju dan dititipkan ke pasar atau ke toko-toko baju lainnya dapat menjadi pilihan buat yang memilih jurusan SMK Tata Busana. Bahkan sekalipun kamu tidak bersekolah di SMK, namun selama kamu punya skill di atas pun dapat tetap ikut menawarkan kemampuanmu pada tetangga dekat rumah.

3. Menjadi pelayan warung tenda.

Jika kamu tidak gengsian, cara mudah memperoleh uang saku dengan cepat adalah dengan menekuni profesi ini. Selepas pulang sekolah, segera kerjakan PR lalu beristirahat sebentar, sekitar jam 5 sore tawarkan tenagamu kepada pemilik warung tenda, misalnya warung angkringan yang menyajikan sego kucing, warung jamu, warung mie ayam, dan masih banyak lagi. Hasilnya lumayan loh! Beberapa puluh ribu rupiah upah bisa kamu dapatkan dengan mudah.  

4. Menjual makanan dan minuman.

Bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai camilan kering atau basah, minuman hangat dan dingin, makanan mengenyangkan hingga yang berpola diet. Cara mengerjakan tetap sama seperti yang lain, yakni sepulang sekolah juga. Ketahui minat dan hobimu agar tepat sasaran bisnis yang kamu jalankan ya.

5. Menjual tanaman hias.

Kamu hobi berkebun, telaten, dan tidak takut bajumu kotor? Wah, mantap sekali bila mengerjakan bisnis ini. Setelah ada hasilnya, bunga atau tanamanmu bisa kamu tawarkan melalui marketplace online atau dijual sendiri di rumah dan juga ditawarkan pada orang-orang yang memiliki hobi sama sepertimu.

6. Berternak ikan, unggas atau hewan lain.

Ini juga masih berbicara mengenai hobi. Jenisnya beragam, ada ayam, kambing, ikan, burung dan hewan peliharaan lain semisal kucing atau kelinci. Rajin-rajinlah merawat mereka dan ketahui cara yang benar memeliharanya. Dijamin hasilnya memuaskan.

7. Melukis.

Buat kamu yang hobi mencorat-coret gambar, ide ini tidak salah kamu kerjakan. Waktunya bebas dan bisa dikerjakan kapan saja dan dalam keadaan santai. Jika sudah jadi, bisa kamu jual pada orang-orang terdekatmu atau dipasarkan secara online.

8. Jualan foto.

Nah, yang ini khusus mereka yang senang fotografi. Lumayan juga hasilnya. Tapi sebelumnya pelajari teknik yang baik supaya hasilnya bagus. Setelah itu kumpulkan dan selanjutnya masuklah ke situs-situs jual beli, baik yang ada di Tanah Air maupun luar negeri. Jika pekerjaanmu bagus, kamu tidak akan dihargai murah loh. Percayalah!

9. Mencetak undangan atau banner.

Kamu suka menggambar ataupun melukis dan tahu banyak ilmu desain grafis? Coba kerjakan bisnis satu ini. Kamu bakalan mendapat uang banyak loh sekalipun masih bersekolah. Langgananmu bisa dari berbagai kalangan, misalnya para penerbit buku atau majalah yang sedang mencari desain cover yang bagus, perusahan atau para pelaku bisnis lain, atau dapat pula dari tetanggamu sendiri. Hanya saja ide ini biasanya sangat tepat dikerjakan bagi mereka yang menempuh pendidikan SMK saja. Bila yang lain ingin ikutan, tak masalah. Tapi pastikan kamu paham benar ilmu ini agar pelangganmu tidak merasa kecewa terhadap hasil pekerjaanmu nanti.

10. Menjual souvenir.

Kamu termasuk pribadi penyabar, tekun mengejakan sesuatu, dan sangat menyukai estetika? Sepertinya ide menjual barang-barang souvenir bukanlah ide yang buruk. Tapi jika kamu tak ada waktu, bisa membeli bahan bakunya saja, lalu dirangkai sendiri di rumah. Termasuk ke dalam ide ini adalah merajut atau mengkristik dan dibuat hiasan dinding atau pakaian. Cara menjualnya bisa secara online atau ke teman, misalnya tetangga dekat rumah. Jika dalam jumlah besar dapat dititipkan ke toko-toko fisik yang amanah pada dirimu.

11. Menekuni bisnis online.

Ide ini hampir tak mengeluarkan modal sama sekali, hanya smartphone dan jaringan internet yang kuat. Tapi bila kamu ingin menjadi reseller sebuah produk, modalmu memang sedikit lebih besar lagi. Terkecuali kamu bertindak sebagai droshipper atau bergabung di bisnis afiliasi lain. Semua itu nyaris tanpa modal, tergantung kecakapanmu saja dalam menjual barang secara online.

12. Ngevlog.

Nah, buat kamu yang percaya diri tampil di depan kamera dan kreatif, cobalah ide unik ini. Termasuk juga menjadi selebgram. Silakan posting pengalaman atau skill-mu. Misalnya kamu suka masak, dandan, atau bahkan cuma makan-makan saja. Asal kamu pintar mengemas kontenmu jadi menarik, orang atau penonton pasti suka. Dan lambat laun kamu di-endorse para pebisnis buat memasarkan produk jualannya. Uangmu berlipat ganda, tidak hanya dari Google Adsensi, tapi juga dari orang-orang yang memakai jasamu tadi.

13. Menjadi MC (Master of Ceremony).

Bisnis ini juga masuk ke dalam golongan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi tampil di depan publik. Kreatif mengolah joke-joke menarik sehingga pendengar dan penonton betah berlama-lama menikmati hasil proses kreatifmu dalam mengolah suatu kalimat ucapan sehingga enak didengar dan diresapi di hati. Lumayan honornya bisa buat tambah-tambah uang saku. Hanya saja kamu perlu cerdas ketika menerima tawaran manggung. Jangan sampai berbenturan dengan jadwal sekolahmu ya.

14. Menjadi entertainer.

Ide ini membutuhkan mental yang kuat dan kecemerlangan otak. Tidak hanya keberanian saja yang diutamakan, namun juga harus kreatif dan penuh inovasi supaya audience merasa terus penasaran menunggu hasil karyamu. Bentuknya bisa beraneka ragam, seperti menjadi pelawak, penyanyi sekaligus pencipta lagu, pemain film dan masih banyak lagi. Atau buat yang suka berlenggak-lenggok di depan catwalk, foto di depan kamera, dan penampilanmu menarik, kamu termasuk ke dalam ide profesi ini. Bagaimana, tertarik mencoba? Honormu lumayan besar loh, bila sudah dilirik PH film atau sinetron. Dikenal orang pun menjadi bonus lainnya.

15. Menjadi penulis.

Zaman sekarang kamu tidak tahu profesi ini, rugi! Sebab faktanya ide bisnis tersebut benar-benar tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Hanya seperangkat gadget, jaringan internet dan kecerdasan otakmu saja. Kamu bisa memilih jalur apa saja, baik menjadi penulis lepas, penulis konten, penulis buku, atau penulis novel. Dan yang pasti semua ada uangnya, dengan catatan hasil tulisanmu bagus dan bukan hasil plagiat dari penulis lain. Sama seperti jadi entertainer lainnya, kamu juga bisa terkenal loh bila novel atau bukumu diminati pembaca.

16. Menjadi blogger.

Hampir sama seperti penulis, hanya di sini lebih luas lagi. Karena kamu dituntut untuk tahu banyak ilmu coding meski tidak harus 100% bisa. Tapi minimal kamu cukup paham dengan menu-menu yang ada di dashboard platform blog. Misalnya masalah template, cara mengutak-atik postingan agar bisa tembus page one Google, dan masih banyak lagi. Jadi selain ilmu menulis, keterampilan mengoperasikan situs harus bisa. Dan kabar baiknya, jika kamu sudah paham benar bisa menjalankan dua profesi di atas sekaligus dalam sekali genggam. Menjadi blogger dan menekuni bisnis jual beli blog atau website. Menjadi blogger apapun bisa dijadikan konten, mulai dari hobi hingga pengalaman hidup. Pekerjaan ini bebas dan waktunya tidak terikat. Meski kamu masih bersekolah tetap bisa mengerjakan.

17. Main saham.

Mungkin terdengar prestisius sebab bisnis tersebut memang identik dengan orang-orang berduit. Memang benar, walau tak selamanya anggapan itu bisa dibenarkan karena kenyataannya ada pecahan harga saham yang bisa dibeli dengan harga seratus ribu saja loh! Kamu tertarik? Cobalah! Namun sebelumnya pelajari dulu tekniknya dengan benar. Ada banyak hal yang bisa kamu peroleh jika gagal pada sesi pertama. Kamu bisa berlatih, belajar banyak mengenai instingmu dalam memasuki dunianya orang-orang pintar ini. Pekerjaan ini bisa dikerjakan siapa saja, jadi tak perlu merasa minder. Selama cerdas membaca situasi pasar, kamu tetap bisa ikut menekuni. Modal pertama dapat dikumpulkan dari uang sakumu sehari-hari yang diberikan orang tuamu.

Dari sekian ide yang diberikan, manakah yang sesuai dirimu? Baik secara skill, hobi dan kesempatan ketersediaan waktu? Selamat menekuni. Tapi jangan lupakan tugas, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red