Memiliki pelanggan yang loyal terhadap perusahaan atau usaha Anda adalah hal yang selalu diimpikan seluruh pengusaha. Hal ini juga dapat menjadi faktor terpenting untuk membantu pengembangan bisnis yang Anda jalankan.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar memiliki pelanggan yang loyal.

1. Jangan Abaikan Pelanggan

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Biasanya, pada awal membangun usaha, perusahaan akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan. Namun lama-kelamaan jika perusahaan sudah berkembang, pelanggan lama akan terabaikan dan perusahaan akan menargetkan pelanggan yang baru untuk bisnisnya.

Padahal, hal yang lebih sulit adalah mempertahankan pelanggan lama agar tetap setia atau loyal pada produk Anda. Dalam menghindari terjadinya hal ini, berikan pelayanan dan fasilitas yang sama antara pelanggan baru dan lama.

2. Jujur Pada Pelanggan

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Saat menjalankan bisnis, pasti ada pasang surutnya atau kesulitan yang Anda temukan. Beberapa diantaranya adalah internet lambat atau error, kehabisan stok produk hingga kehabisan bahan bakunya.

Sebelum mereka bertanya, ada baiknya Anda memberikan uopdate mengenai masalah tersebut melalui telepon, sms, ataupun media sosial yang biasa Anda gunakan. Jangan sampai mereka bertanya dan menerka-nerka masalah yang terjadi.

3. Jika Salah, Akui Kesalahan Pada Pelanggan

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Tidak ada manusia yang sempurna, bergitupun yang terjadi pada bisnis. Tidak ada bisnis yang dilakukan tanpa kesalahan. Jika terjadi, akuilah kesalahan dan cobalah meminta maaf kepada pelanggan. Apalagi saat ini mudah sekali terjadi penyebaran informasi secara 'viral'. Bayangkan saja jika pelanggan tersebut menyebarkan kesalahan Anda secara cepat dan melalui internet, berapa banyak orang akan mengetahui kesalahan Anda.

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, cobalah dengar keluh kesah setiap pelanggan dan bertanggung jawab atas apa yang diperbuat perusahaan. Berikan solusi agar kesalahan yang diperbuat dapat mereka maafkan.

4. Berikan Layanan Terbaik

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Untuk membuat pelanggan produk Anda tetap loyal, berikan seluruh pelayanan terbaik yang Anda miliki. Cobalah mulai mendengarkan pelanggan dan memberikan solusi disetiap permasalahan mereka.

Jika Anda fokus mengutamakan pelayanan pada pelanggan Anda, cobalah memudahkan pelanggan untuk pelayanan cepat dan tepat selama 24 jam, dengan begitu pelanggan Anda paham bahwa Anda mengupayakan usaha terbaik bagi mereka.

4. Tepati Janji

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Cobalah untuk menjadi perusahaan yang konsisten dan selalu menepati janji terhadap pelanggan, misalnya dengan ketepatan waktu pengiriman barang misalnya satu hingga dua kali 24 jam sehingga pelanggan akan lebih percaya terhadap Anda.

Secara tidak langsung, pelanggan akan memberikan nilai lebih kepada Anda sebagai individu dan perusahaan yang Anda bangun.

5. Buat Membership

5 Tips jitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi cobain bisnismu

Program loyalitas pelanggan (Loyalty reward) adalah hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk pelanggan. Program seperti ini memungkinkan Anda untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga pelanggan akan terus menerus membeli produk Anda.

Dengan mempunyai pelanggan yang loyal, bisnis Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk berkembang. Namun jangan cepat puas, selama Anda menjalankan bisnis, Anda harus terus berinovasi. Agar bisnis Anda terus maju, jangan lupa untuk selalu kreatif dalam memunculkan ide-ide yang dapat mempermudah proses bisnis Anda.

Selain itu, usaha yang maju juga dapat dimulai dengan meminimalisir pengeluaran dengan cara menggunakan berbagai software untuk kepentingan usaha. Software yang dapat Anda gunakan misalnya software HR untuk mengatur bagian Human Resources bisnis Anda dan software akuntansi online yang dapat mempermudah Anda melakukan pembukuan keuangan perusahaan.