Sudah menjadi rahasia umum jika air adalah musuh utama dari berbagai jenis perangkat elektronik, terutama smartphone. Jatuh ke air atau terkena tumpahan minuman adalah mimpi terburuk bagi kebanyakan pengguna smartphone. Yang jelas kamu pasti akan panik, marah, dan ingin menangis. Semua perasaan tersebut bercampur jadi satu. Namun, jangan terlalu panik sehingga kamu mencoba menghidupkan smartphone secara acak sebelummembawanya keservice center. Salah-salah gawaimu malah makin parah.Usahakan untuk tetap tenang danhindari melakukan7 hal ini ketika smartphone-mu terkena air.

1. Menekan tombol atau menggoyang-goyangkan smartphone.

Sesaat setelah diangkat dari air, cobalah untuk tidak menekan tombol pada smartphone. Tak hanya itu, usahakan juga untuk tak menggoyang-goyangkan smartphone.Hal semacam ini tidak boleh dilakukan karena untuk mencegah air agar tak masuk ke smartphone dan menyebar ke komponen yang ada di dalamnya.

2. Jangan gunakan pengering rambut.

Meskipun ide ini menjadi cara cepat untuk mengeringkan smartphone yang terkena air, penggunaan pengering rambut/hair dryerjustru dapat mendorong air masuk lebih dalam.Di samping itu, panas dari pengering rambut dan pancaran elektromagnetiknya dapat menyebabkan panas berlebih pada telepon dan malah berpotensi merusaknya.

3. Memasukkan smartphone ke dalam beras.

Banyak orang yang menyarankan penggunaan beras untuk mengatasi smartphone yang terkena air.Rupanya, partikel debu yang kerap menempel pada beras dapat masuk ke smartphone dan merusak komponennya.Sebaiknya gunakan handuk dan letakkan smartphone yang terkena air ke dalam wadah yang tertutup bersama dengan silica gel.

4. Jangan menggunakan oven atau microwave.

Jangan pernah menaruh smartphone kamu dalam oven atau microwave. Jika pengering rambut saja sudah berbahaya, apalagi jika kamu meletakkannya di oven yang bersuhu tinggi.Suhu yang tinggi dapat berbahaya bagi komponen listrik yang ada di smartphone. Jadi jangan lakukan ini ketika smartphone kamu terkena air.

5. Jangan simpan di freezer.

Seperti halnya penggunaan beras, banyak informasi yang menyebutkan bahwa memasukkan smartphone yang terkena air di freezer dapat memecahkan masalah.Memang, air yang ada di dalam smartphone akan membeku, tetapi itu bukan berarti airnya benar-benar hilang. Pada saat dikeluarkan dari freezer, air yang sudah beku tadi akan mencair dan membasahi komponen yang ada di dalam smartphone.

6. Jangan ditiup.

Jangan mencoba untuk meniup air yang terdapat pada smartphone kamu. Hal semacam ini akan meningkatkan kemungkinan air memasuki bagian smartphone yang lebih dalam lagi.

7. Jangan membongkar smartphone.

Membongkar smartphone untuk membuka bagian dalamnya sangat tidak disarankan. Apalagi jika smartphone kamu masih mempunyai garansi. Membongkar bagian dalam smartphone dapat menghanguskan garansinya.