×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari 6 hal ini jika tidak ingin asam lambung naik

0

Kesehatan

Hindari 6 hal ini jika tidak ingin asam lambung naik

Asam lambung merupakan penyakit yang menjadi momok bagi penderitanya ketika kambuh. Lalu, apa saja yang harus dihindari ketika kambuh?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

faisal adha

30 / 12 / 2020 17:21

Asam lambung atau GERD merupakan penyakit yang banyak dialami oleh manusia masa kini. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan buruk yang dilakukan oleh manusia pada zaman ini. Untuk menncegah terjadinya GERD, kamu wajib menghindari hal-hal berikut.

1. Makan terlalu banyak dengan porsi yang besar.

Ilustrasi makan dengan porsi besar. Source : lingkarmalang.com

Foto: lingkarmalang.com

Makan dengan porsi yang besar akan memicu refluks. Jika kamu memang benar-benar lapar, cobalah untuk makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit. Misalnya jika kamu terbiasa makan tiga kali sehari, maka kamu dapat menaikkannya menjadi empat kali sehari. Namun dengan catatan makan porsi yang lebih sedikit, ya. 

Loading...

2. Makan tidak teratur.

Seseorang yang mengidap asam lambung wajib menghindari pola makan yang tidak teratur. Usahakan untuk membuat jadwal makan teratur setiap harinya. Jika sudah terlalu parah, usahakan juga untuk mengonsumsi hanya makanan untuk penderita asam lambung dan menghindari makanan yang dijelaskan di poin selanjutnya.

3. Makan sebelum tidur malam hari.

Makan sebelum tidur pada malam hari merupakan hal yang dilarang bagi penderita asam lambung. Sebaiknya jika ingin makan malam hari sebelum tidur, minimal dua jam sebelum tidur. 

3. Makanan yang berlemak. 

 Hindari 6 hal ini jika tidak ingin asam lambung naik

Foto: instagram.com/cecekuliner

Mengonsumi makanan berlemak juga bisa menjadi memicu peningkatan tekanan asam lambung. Makanan berlemak yang dihindari seperti gorengan, kentang goreng, mie instan, gulai dan lain-lain. 

4. Soda, cokelat, minuman mengandung gula, dan kopi.

Minuman-minuman ini dilarang karena bersifat menaikkan asam lambung. Jadi minuman yang terbaik untuk penderita asam lambung adalah air mineral. Hindari juga minuman yang mengandung gula tinggi. 

5. Makanan yang mengandung banyak gas.

Brokoli, kubis, kecambah, susu, dan kacang-kacangan termasuk makanan yang menimbulkan banyak gas sehingga memicu perut kembung. Bahan-bahan makanan ini juga bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

6. Minuman beralkohol.

Minuman beralkohol berisiko melemaskan otot stingfer esofagus sehingga asam lambung dapat naik. Minuman beralkohol, apalagi yang sering menjadi penutup makanan utama, seperti wine, bir, koktail, berisiko memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red