×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari 4 makanan dan minuman ini saat sedang menstruasi

0

N/A

Hindari 4 makanan dan minuman ini saat sedang menstruasi

Foto: Gbor Adonyi dari Pixabay

Untuk wanita, usahakan menghindari 4 makanan dan minuman ini saat sedang mengalami menstruasi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Twenty June

14 / 11 / 2019 11:10

Menstruasi adalah suatu proses keluarnya darah dari organ reproduksi wanita yang dialami oleh wanita remaja, dewasa, bahkan ada juga dalam beberapa kasus masih dialami oleh wanita lanjut usia. Menstruasi bukanlah suatu penyakit atau kelainan. Hal ini merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh wanita dalam siklus bulanan. Artinya, dalam keadaan normal wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya.

Namun dalam masa menstruasi, biasanya kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral wanita pun berubah dari kebutuhan saat dalam keadaan normal/saat sedang tidak menstruasi. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk menjaga makanan dan minuman yang mereka konsumsi saat menstruasi agar tidak semakin mengurangi nutrisi atau vitamin dalam tubuh.

Berikut adalah 4 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat menstruasi.

1. Susu.

Susu adalah salah satu produk minuman yang mengandung laktosa atau sejenis gula tertentu yang sulit dicerna bagi sebagian orang. Bagi kamu yang mengalami nyeri perut ketika menstruasi, minum susu justru akan memperparah keadaaan tersebut karena kandungan laktosa pada susu juga bisa menyebabkan kembung, sakit perut, dan mual.

Loading...

2. Permen.

Makanan manis seperti permen memang dipercaya bisa meningkatkan suasanan hati. Namun kandungan gula rafinasi yang terkandung di dalamnya bisa membuat kembung dan peradangan. Jika kamu memang mau makan makanan manis saat menstruasi, maka makanlah buah yang rasanya manis karena ini pasti lebih sehat jika dibandingkan dengani gula buatan seperti yang terkandung dalam makanan ringan.

3. Kafein.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein saat menstruasi bisa memperpanjang durasinya. Bahkan dalam beberapa kasus, kafein bisa menyebabkan Amenorrhea, yaitu kondisi di mana wanita tidak datang menstruasi seperti seharusnya.

Jenis-jenis minuman yang mengandung kafein di antaranya adalah kopi, teh, dan minuman bersoda. Tentu masih ada banyak lagi jenis minuman atau makanan yang mengandung kafein di dalamnya. Untuk itu, kamu harus mempelajari dan mencari lebih dalam lagi terkait hal tersebut.

4. Makanan pedas.

Orang Indonesia memang terkenal suka makanan pedas, khususnya orang-orang di wilayah Pulau Jawa. Makanan pedas dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. Selain itu, cabai segar sebagai bahan makanan pedas juga terkenal dengan anti-inflamasinya yang berguna untuk mengatasi peradangan sehingga bisa meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Walaupun begitu, kamu tetap harus bijak dalam mengonsumsinya karena dalam keadaan tertentu seperti saat menstruasi misalnya, kandungan yang ada dalam makanan pedas atau cabai tidak semuanya bermanfaat pada kondisi tersebut. Pada sebagian orang bisa saja kandungan pada cabai justrui tidak baik dikonsumsi saat menstruasi dan bisa menyebabkan gangguan di perut.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red