×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hermes: Pabrik peralatan berkuda yang menjadi brand ternama dunia

0

Wow

Hermes: Pabrik peralatan berkuda yang menjadi brand ternama dunia

Ada kisah panjang di balik kesuksesan Hermes hingga menjadi salah satu merek ternama dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Geizka Medina Rozal

14 / 08 / 2020 12:20

Siapa sih  yang nggak tahu dengan brand ternama dunia Hermes? Ada kisah panjang di balik kesuksesan Hermes hingga menjadi salah satu merek ternama dunia.

Awal mula produk Hermes.

Thierry Hermes : Pendiri Brand Hermes

Thierry Hermes, seorang pria berkebangsaan Prancis yang pertama kali mendirikan produk ternama dunia "Hermes". Ia mulai menciptakan produk pertamanya ketika membuka sebuah pabrik kecil khusus pembuatan peralatan berkuda pada tahun 1837.

Awal mula produk yang diciptakannya bisa terkenal ketika ia melakukan sebuah workshop tali kekang kuda khusus untuk melayani para bangsawan di Grands Boulevards, Paris, France. Sejak saat itulah produk milik Thierry Hermes banyak digunakan di kereta kuda milik para bangsawan. Selain itu, ia juga berhasil membuat produk ciptaannya mendapat sejumlah penghargaan, di antaranya: Penghargaan dari Expositions Universelles di Paris pada tahun 1855 dan 1867.

Loading...

Perkembangan binis produk Hermes mulai mengalami peningkatan yang cukup pesat sejak dipimpin oleh Charles-Emile Hermes, anak Thierry Hermes. Pada tahun 1880 Charles-Emile  memindahkan pabrik Hermes ke 24 rue du Faubourg Saint-Honoré, Paris, France. Lalu pada tahun 1914, Hermes menjadi salah satu rumah mode pertama yang memperkenalkan ritsleting di Paris. Ritsleting tersebut digunakan untuk menyambungkan kedua sisi kain. Pada tahun 1918 Hermes pertama kali memproduksi ritsleting yang digunakan pada jaket golf milik Pangeran Edward, Prince of Wales. Sejak saat itulah banyak bangsawan Eropa yang mulai tertarik dengan produk Hermes.

Perubahan nama Hermes.

Perlu diketahui Hermes pernah mengalami perubahan nama semenjak dipimpin oleh anak Charles-Emile, yakni Adolphe dan Émile-Maurice. Mereka mengubah nama produk Hermes menjadi Hermes Freres.

Di bawah kepemimpinan Adolphe dan Emile-Maurice, produk Hermes Freres mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada tahun 1920 Hermes Freres mulai memproduksi pakaian dan aksesori, tepatnya pada tahun 1922 rumah mode ini mulai memperkenalkan tas tangan pertamanya yang berasal dari kulit. Meskipun produk keluaran rumah mode Paris ini sudah cukup terkenal di Eropa, untuk memperluas produk penjualannya Hermes Freres memproduksi iklan pertamanya pada tahun 1923. 

Iklan pertama Hermes Freres

Semenjak produksi iklan pertamanya, Hermes Freres mulai mengalami peningkatan permintaan. Hingga pada tahun 1924 Hermes mulai menjual produknya hingga ke Amerika serta membuka dua toko Hermes di luar Paris. Ternyata produk dari rumah mode paris tersebut banyak diminati oleh kalangan orang-orang kaya pada masa itu.

Pada tahun 1929 Hermes mulai memproduksi pakaian pertamanya. Pada era 1930-an Hermes mengeluarkan produk tas yang diberi nama "Sac à dépêches", tas tersebut menjadi salah satu produk yang diminati pada masa itu. Produk tas Hermes "Sac à dépêches" juga diminati oleh Grace Kelly, seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Karena pengaruh Grace Kelly, "Sac à dépêches", tas keluaran Hermes lebih dikenal dengan nama Kelly Bag. Pada era tersebutlah Hermes mulai mengalami peningkatan penjualan yang sangat cepat. 

Logo dan kotak kemasan Hermes.

Pasca kematian Émile-Maurice pada tahun 1951, rumah mode pabrikan asal Paris tersebut dipimpin oleh Robert Dumas-Hermes. Ia merupakan satu-satunya orang yang bukan berasal dari keluarga Hermes.

Robert Dumas mulai memimpin rumah produksi asal Paris tersebut Pada tahun 1950-an. Pada masa kepemimpinannya, Dumas secara resmi mendaftarkan dan menetapkan logo "kereta Duc dengan kuda" dan ciri khas kotak kemasan kertas berwarna jingganya.

Lantas, mengapa logo Hermes memiliki lambang kereta kuda serta memiliki warna oranye? Hal terebut dikarenakan produk pertama yang diciptakan Hermes yakni sebuah peralatan berkuda, karena alasan itulah Hermes membuat logo bergambar kereta kuda.

Perlu diketahui, sebenarnya kotak kemasan pertama Hermes berwarna kuning yang terbuat dari kulit babi imitasi. Namun karena sulitnya bahan kulit babi imitasi membuat Hermes mengganti kotak kemasannya menjadi berbahan kertas berwarna oranye. Hingga saat ini logo serta warna kemasan kotak Hermes masih digunakan. 

Produk Hermes yang dijual mahal.

Sejak pertama kali didirikan Hermes merupakan sebuah toko yang menyediakan barang-barang mewah untuk para bangsawan, hal itulah yang menyebabkan Hermes dijual mahal di pasaran. Selain itu, ada beberapa hal yang membuat produk keluaran Hermes menjadi sangat mahal, di antaranya karena Hermes mampu menjaga proses pembuatan produknya yang handmade (dibuat dengan tangan), serta bahan yang digunakan dalam produk Hermes merupakan bahan kulit hewan tertentu yang membuat harga jualnya menjadi sangat mahal. Salah satu produk termahal yang dikeluarkan Hermes yakni Hermes Himalayan Crocodile yang harganya ditaksir mencapai Rp 5 millar.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red