Tomat itu termasuk ke jenis buah-buahan apa sayuran? Hhahaha... hayo, ada yang tau enggak jawabannya? Atau, kalian jadi makin bingung?

Nah, kalo bingung, yuk lah langsung simak penjelasan gue berikut ini.

Pertama-tama, kita akan membahas perbedaan antara buah dengan sayuran dulu nih guys. Perbedaan antara keduanya itu terletak pada bijinya. Pada buah berisi ovarium tanaman (red: benih tanaman.) Umumnya, buah-buahan itu tumbuhan yang memiliki bunga.

Nah, kalau sayuran itu lebih mengarah hanya pada bagian tanaman yang dapat dimakan guys, seperti akar atau daunnya. Terlebih lagi, kalau sayuran itu biasanya harus dimasak dulu sebelum dimakan. Beda dengan buah-buahan yang langsung bisa dimakan tanpa harus memasaknya.

Juga, perbedaan antara buah-buahan dan sayuran adalah, sebagian besar buah itu mengandung banyak gula yang disebut fluktosa. Nah, zat tersebutlah yang memberikan rasa manis alami pada buah yang kamu makan.

Sementara itu,sayuran tidak memiliki fluktosa sehingga rasanya hambar alias tidak manis. Buah pun juga terbagi ke dalam 3 jenis:

1. Buah Tunggal seperti, mentimun, tomat, jambu monyet, mangga, rambutan, jeruk, apel, pepaya, durian, salak, jambu biji, dan lain-lain.

2. Buah Ganda, contohnya buah sirsak.

3. Buah Majemuk, misalnya, jagung, nanas, nangka dan kluwih.

Hayo, tomat itu termasuk sayur atau buah-buahan? Ini jawabannya

(Ilustrasi.)

Sayuran pun juga sama guys. Mereka juga dibagi kedalam berbagai macam jenis nih. Kalau dibagi berdasarkan dimana ia tumbuh, sayuran akan dibagi menjadi seperti ini:

- Sayuran Daun, misalnya kubis dan sawi.

- Sayuran Akar, misalnya wortel dan lobak.

- Sayuran Batang, misalnya rebung dan asparagus.

- Sayuran Umbi, misalnya kentang dan bawang.

- Sayuran Bunga

- Sayuran Buah

- Sayuran Biji, misalnya kacang polong dan kacang merah.

Nah, sayuran pun ada yang tumbuh di daerah dataran tinggi, dataran sedang dan dataran rendah juga lho guys. Dan, kalo dilihat dari musimnya, sayuran juga ada yang gampang ditemui dan hanya ada pada waktu-waktu tertentu, alias sayuran musiman. Itulah perbedaan antara buah-buahan dengan sayuran.

Nah, sekarang kamu bisa bedain kan? Tomat dan wortel itu masuk kategori sayuran atau buah? .