Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kamu lakuin dalam jeda waktu setelah lulus kuliah dan nunggu jadwal wisuda. Selain ngisi waktu luang, kegiatan ini juga nantinya bisa bermanfaat loh ke depannya sebagai pengalaman kamu tentunya.

Apa aja kegiatan yang bisa kamu lakuin? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. FreelanceAuthor atau Penulis Lepas.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Kenapa ini jadi yang opsi pertama, karena sebelumnya kamu sudah terbiasa menulis skripsi jadi gak akan susah untuk melanjutkan aktivitas menulismu. Walaupun skripsi tergolong karya tulis ilmiah, namun kamu masih tetap bisa menjadi penulis dengan tulisan yang lebih ringan seperti penulis website, artikel tema bebas, dan lain-lain.

Kalau kamu masih terbiasa dengan penulisan yang cenderung formal, masih banyak lowongan freelancer untuk menulis artikel dengan yang lebih berat. Rekomendasi buat menulis di brilio.net juga bisa jadi alternatif dengan peluang yang besar. Jadi selamat mencoba!

2. Belajar make-up.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Gak cuma cewek, tapi hal ini juga bisa dilakukan oleh kaum adam. Kenapa? Karena nantinya ini akan bisa menjadi peluang usaha bagi kamu. Yup, jika kamu bisa make-up, kamu bisa membuka jasa make-up untuk wisuda. Kamu bisa memulai dengan promosi ke teman-temanmu. Jadi saat wisuda kamu sekalian bisa mendapatkan uang.

The best canvas is your own self. Tapi bagi cowok, mungkin cobain aja dulu ya ke mama kamu atau ibu kost. Untuk kosmetik dan beauty toolsnya, kamu bisa memakai apa saja yang ada atau jika ingin membelinya kamu bisa memilih produk yang murah tapi topcer.

3. Jadi desainer dadakan untuk busana wisuda.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Menjelang waktu wisuda, mungkin kamu akan disibukkan dengan persiapan bajunya. Untuk tampil kece, kamu akan berusaha untuk tampil maksimal dengan busanamu. Namun, tak sedikit yang memilih memakai jasa tukang jahit untuk membuatkan baju wisudanya. Nah di sini keahlian gambarmu akan terpakai.

Kamu bisa mendesain sendiri baju wisudamu yang tentunya sesuai dengan selera kamu. Jika temanmu juga sama, kamu bisa menawarkan diri untuk membantunya. Jadi, sudah ada niatan untuk jadi desainer?

4. Menyiapkan berkas keperluan kerja atau magang.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Sebagai orang yang visioner, mungkin banyak yang sudah berencana jauh-jauh hari untuk melamar pekerjaan setelah wisuda nanti. Nah ini saatnya kamu buatprepare berkas untuk persyaratan tempat kerja yang kamu inginkan. Akan lebih baiknya jika sudah disiapkan di awal agar tak terburu-buru nantinya.

5. Belajar masak.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Kapan lagi kamu bisa mengeksplor resep baru kalau tidak saat luang begini. Bagi yang hobi masak, ini jadi waktu yang tepat bagi kamu untuk mengasah keahlian demi menciptakan kreasi makanan baru. Buat kamu yang masih pemula, inilah saatnya untuk mencoba. Siapa tahu setelah wisuda, keahlian ini dapat bermanfaat, misalnya saja kamu bisa buka usaha kuliner.

6. Belajar bahasa asing.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Mungkin dari kamu ada yang ingin menambah keahlian dalam bahasa, ini bisa jadi aktivitas untuk mengisi waktu luangmu. Bahasa asing yang dimaksud gak sebatas hanya bahasa inggris melainkan bahasa asing lainnya. Bisa jadi di antara kamu ada yang berencana untuk sertifikasi bahasa asing dengan harapan mendapat nilai plus di dunia kerja nantinya. Nah, oleh karena itu mulailah belajar karena bahasa adalah salah satu kunci untuk mengerti dunia.

7. Keluarkan pensil warna, agar bosan tak terasa.

Ini 7 hal yang bisa kamu lakuin sambil nunggu wisuda, seru juga nih

Kenapa harus pensil warna? Karena baik pemula maupun profesional pasti bisa menggunakan pensil warna. Bukan menyuruh untuk kembali jadi anak-anak. Tapi, sewaktu kecil pun rasanya tak terasa bosan saat mewarnai gambar. Ini yang bisa kamu lakukan untuk isi luangmu.

Jangan disangka kalau pensil warna hanya bisa menghasilkan warna yang biasa saja, tapi kamu bisa mencontoh teknik dari Youtube tentang bagaimana menggunakan pensil warna dengan bagus bahkan bisa jadi instagrammable lho. Untuk objeknya, kamu bisa menggambar sendiri atau membeli buku mewarnai untuk dewasa di toko buku. Hasilnya bisa kamu pajang di dinding kamar atau diposting di sosmed kamu.

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan disaat nunggu wisuda. Jadi gunakan waktu sebaik-baiknya dan lakukan dengan hati yang senang. Oke!