Sakit gigi memang membuat semua orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, baik dalam hal apapun. Bahkan ketika ingin tidur pun menjadi sangat terganggu saking rasa nyerinya yang masih ada.

Gigi akan menjadi lebih sensitif ketika dentin atau lapisan gigi sudah terlihat dari bagian luar. Dentin tersebut langsung terhubung dengan serabut saraf. Jadi ketika dentin tersebut terkena panas dan dingin ketikakamu sedang mengonsumsi makanan atau minum, maka gigi pun akan terasa ngilu.Ngilu pada gigi bisa dihindari agar gigimu tidak rusak dan jadi semakin parah. Ini lima faktor penyebab gigi ngilu yang perlu kamu perhatikan.

1. Makanan yang dikonsumsi.

Kalian perlu memerhatikan makanan seperti apa yang harus dikonsumsi atau yang harus kalian hindari agar gigi jauh dari rasa ngilu. Sebenarnya mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam, panas, atau dingin bisa memengaruhi gigi tanpa sepengetahuanmu. Minuman yang terlalu dingin dan panas tersebut menyebabkan pengikisan pada lapisan gigi. Itulah yang bisa membuat gigi menjadi ngilu.

2. Berhati-hati dalam menyikat gigi.

Kalian perlu memerhatikan saat menyikat gigi karena jika keliru atau ceroboh bisa membuat gusi terluka dan lainnya. Terlalu kencang dan menekan bisa membuat gigi kalian menjadi ngilu karena cara menyikat gigi tanpa aturan yang baik tersebut. Biasakan memilih sikat gigi yang bulunya lembut agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti gigi ngilu dandapat menjadi lebih sensitif.

3. Penyakit gusi.

Jika gigi tidak terawat dengan baik dan seiring umur yang bertambah, kamu akan mengalami berbagai penyakit gusi. Ini bisa membuat gigi menjadi ngilu. Jika ada masalah dengan gusi maka sebaiknya segera pergi untuk berkonsultasi kepada dokter.

4. Penumpukan plak.

Setelah makan biasanya ada banyak terjadi penumpukan plak. Penumpukan plak yang berlebihan bisa membuat lapisan enamel gigi hilang. Gigimu pun akan kehilangan perlindungan yang dilakukan oleh enamel.

5. Gigi berlubang.

Nah, satu ini bisa membuatmu menjadi lebih sering merasakan ngilu. Gigi berlubang ini perlu segera diatasi karena jika dibiarkan saja ini bisa membuat gigi menjadi busuk.