Pekerjaan sebagai karyawan bukan hal asing lagi pada zaman sekarang, bahkan para lulusan perguruan tinggi sibuk mencari lowongan sebagai karyawan untuk memulai karirnya. Jadi gak heran kenapa jiwa-jiwa wirausaha di Indonesia masih kurang berkembang dengan pesat. Tapi, bukan berarti jadi karyawan itu hal yang buruk loh. Kita bisa jadikan tahap ini sebagai batu loncatan sebelum melebarkan sayap usaha kita. Pada umumnya, karyawan diberikan upah dengan sistem gaji teratur setiap bulan. Masalah yang dihadapi sebagian besar karyawan adalah gaji yang belum mencukupi kehidupan untuk sebulan.

Eits tunggu dulu, belum tercukupi atau belum merasa cukup ya? Karena dua kalimat tersebut memiliki dua konteks arti yang berbeda loh. Sebagian besar karyawan seringkali nih merasa gaji yang didapatkan sekedar numpang lewat saja. Bagi kamu yang merasa seperti itu, kayaknya perlu deh terapkan tips di bawah ini:


1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Gaji cuman lewat doang & cepet habis? Terapin tips ini dulu deh
Penting banget nih untuk mencatat besarnya uang yang dikeluarkan setiap bulan baik itu yang rutin maupun yang tidak rutin, juga mencatat besarnya pemasukan yang didapatkan. Jadi, kita bisa tahu apakah pemasukan kita bisa mencukupi pengeluaran kita? Kalau pengeluaran lebih besar dari pemasukan, kita harus lebih irit dan mencari alternatif lain yang bisa menghasilkan pemasukan seperti memiliki bisnis sampingan yang menghasilkan.


2.Bersedekah

Gaji cuman lewat doang & cepet habis? Terapin tips ini dulu deh
Perlu diingat bahwa sebagian dari rezeki yang kita dapatkan adalah hak orang lain yang membutuhkannya. Bersedekah tidak perlu menunggu uangmu banyak. Sisihkan setiap penghasilanmu sesuai dengan ketentuan agama yang kamu anut. Berbagi akan mengajarkan kita untuk merasakan apa yang mereka rasakan, selain itu membuat kita akan lebih bersyukur dan lebih bijak dalam menggunakan uang kita.


3. Menabung di Awal Gajian

Gaji cuman lewat doang & cepet habis? Terapin tips ini dulu deh
Setelah penghasilanmu disisihkan untuk zakat. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menabung. Menabung sangat dianjurkan dilakukan saat di awal waktu kalian menerima gaji, sebelum uang itu kalian gunakan untuk memenuhi kebutuhan kalian. Besarnya tabungan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan pencapaian apa yang kalian ingin wujudkan dari hasil tabungan tersebut.


4. Kurangi Sifat Konsumtif

Gaji cuman lewat doang & cepet habis? Terapin tips ini dulu deh
Salah satu hal yang bisa membuat gaji kita pergi gitu aja adalah sifat konsumtif. Merasa memiliki gaji yang besar tapi gak terasa membeli barang dengan harga dibawah nominal gaji tapi tanpa sadar membeli dengan jumlah banyak. Alhasil, gaji pergi gitu aja tanpa kamu sadari. Kurangi sifat konsumtif yang berujung dengan membeli produk-produk yang tidak dibutuhkan. Kalian bisa prioritaskan kebutuhan dibandingkan kemauan.


5. Bergaya Sesuai Kemampuan

Gaji cuman lewat doang & cepet habis? Terapin tips ini dulu deh
Nah, sebesar apapun penghasilan yang kamu miliki kalau selalu merasa tak puas pasti akan menyusahkan diri kamu sendiri. Berhenti untuk menuntut diri kamu mengikuti trend yang sedang berlaku sedangkan kemampuanmu takmemadai. Belajarlah hidup sederhana sesuai kemampuanmu. Itu tidak akan menyusahkanmu.