Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN) adalah lembaga pemerintah yang bertugas di bidang intelijen. Jika kamu mempunyai hobby atau bakat untuk menjadi detektif, kamu bisa mencoba melamar ke lembaga ini.

Apa untungnya sih bekerja di BIN?

Rata-rata orang mencari kerja berdasarkan nilai gaji maupun tunjangan yang diberikan oleh perusahaan. Nah menurut informasi yang saya baca di website Qerja.com, rata-rata gaji anggota BIN mencapai 4-40 juta perbulan. Itu baru gaji pokok, belum lagi total tunjangan yang bakal kamu dapatkan sesuai dengan peraturan dari pemerintah.

Tentunya untuk bisa diterima di lembaga ini, kamu harus berusaha keras karena pasti pelamarnya bisa sampai ribuan orang. Pastinya jika kamu memiliki kemampuan atau sesuai dengan kriteria yang di inginkan, saya yakin kamu pasti lolos.

Bagi kamu yang ingin melamar ke BIN, kamu wajib menguasai beberapa syarat dibawah ini.

1. Harus Cerdas dan Intelektual

Gaji anggota BIN sampai dua digit, siapa yang kepingin?

Untuk melamar ke BIN nantinya akan ada banyak tes seperti IQ,EQ, dll. kamu harus menyiapkan hal tersebut dari sekarang jika ingin diterima di BIN.

2. Harus bisa jaga rahasia dan tidak pamer

Gaji anggota BIN sampai dua digit, siapa yang kepingin?

Nantinya jika kamu diterima di BIN, kamu akan menandatangani janji yang menyatakan bahwa kamu tidak akan memberikan informasi tentang pekerjaan kamu. Dan nama kamu juga pastinya akan diganti agar orang lain tidak mengenali kamu.

3. Siap mati

Gaji anggota BIN sampai dua digit, siapa yang kepingin?

Karena nantinya tugas kamu sebagai mata-mata, apalagi jika kamu sedang memburu bandit kelas kakap pastinya akan banyak rintangan. Seperti menghadapi bodyguardnya dan bisa juga menghadapi massa. Hal ini menyebabkan anggota BIN harus rela mati untuk menjalankan tugasnya.

4. Siap membayar denda jika keluar dari BIN

Gaji anggota BIN sampai dua digit, siapa yang kepingin?

Jika kamu sudah diterima menjadi anggota BIN. Ada satu aturan lagi yang harus kamu ketahui, yaitu adalah tidak boleh keluar dari anggota BIN sebelum ikatan dinas kamu berakhir. Jika kamu melanggar aturan tersebut, maka kamu harus membayar denda yang cukup besar.

5. Harus siap bersaing dengan ribuan orang

Gaji anggota BIN sampai dua digit, siapa yang kepingin?

Hal ini wajib dimiliki setiap pejuang BIN. Karena peminat BIN di Indonesia ini cukup banyak. Tetapi jika kamusudah mempersiapkan syarat di atas, peluang anda untuk diterima pasti besar.

Itulah syarat yang harus kamumiliki untuk menjadi anggota BIN. Dan jika kamuadalah seorang pelajar, kamubisa mengikuti tes STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) setelah lulus sekolah. Karena jika kamuditerima dan lulus dari STIN, nantinya kamubisa langsung diangkat menjadi anggota BIN. Bahkan untuk lulusan STIN bisa menjadi kepala BIN.