Beberapa pemain bermarga De Jong telah bergabung dengan klub Ajax Amsterdam, contohnya Nigel dan Siem De Jong. Kini muncul seorang pemain lagi yang disorot karena dianggap mempunyai talenta besar, dia adalah Frenkie De Jong. Pemain bertinggi 1,8 meter ini lahir pada tanggal 12 Mei 1997 dan berposisi sebagai gelandang.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur

Pemain berusia 21 tahun ini melakukan debut untuk tim utama Ajax musim 2016-17. Tetapi ia baru menonjol beberapa bulan kemudian di pembukaan musim 2017/18 di bawah manajer baru Marcel Keiser. Saat itu dia diuntungkan oleh kepergian Davy Klaassen ke Everton dan bermain mengesankan sebagai gelandang box-to-box.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur

Keizer dan De Jong telah bekerja sama saat mereka masih berada di Jong Ajax atau tim muda Ajax, sebelum dipromosikan ke tim utama di musim panas. Di bawah bimbingan sang manajer, De Jong memenangkan penghargaan Talent of the Season Jupiler League.

Pemain muda yang muncul di akademi Ajax bukanlah hal baru dan karena ini sering terjadi. Kadang mereka diabaikan, kecuali mempunyai talenta besar yang menonjol. De Jong, pada usia 20, tidak semuda pemain lain saat dia muncul. Kasper Dolberg, mencetak 23 gol dari 47 penampilan pada usia 19 tahun. Dan Justin Kluivert, anak dari Patrick Kluivert, memberikan permainan menawan di usia 17 tahun.

Kurangnya perhatian publik memberi keuntungan baginya. Dia bisa melanjutkan perkembangan tanpa tekanan transfer dengan nilai besar. De Jong bukanlah produk akademi asli Ajax, dia direkrut dari Willem II pada musim panas 2015. Sangat langka bagi klub sekelas Ajax, yang membanggakan diri dalam memproduksi bintang mereka sendiri, mengambil pemain dari luar klub. Hal ini menunjukkan seberapa tinggi mereka menilai De Jong. Dan kamu dapat melihat alasannya sekarang.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur

De Jong kemudian melejit menjadi pusat perhatian setelah dia berhasil merebut posisi pemain inti Ajax. Dikenal sebagai gelandang yang serba bisa, De Jong disejajarkan dengan pemain seperti Andrs Iniesta dan Luka Modric. Gaya khasnya adalah selalu meminta bola dimanapun dia berada. Dia juga mempunyai kemampuan membuka ruang, yang menambah tinggi nilai permainannya.

Peran sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah, dan bahkan center back dilakoni oleh De Jong saat ini di Ajax. Beberapa posisi tersebut diberikan sebagai pelajaran untuk meningkatkan kemampuannya dan dia berhasil memainkan dengan baik. Sebagai center back, dia mampu menampilkan permainan solid dalam bertahan, tapi mampu cepat membuka serangan. Sebagai gelandang bertahan, dia bisa memerankan peran deep lying playmaker dengan sangat baik. Dan sebagai gelandang tengah, dia mampu memanjakan pemain depan dengan umpan-umpan akurat. De Jong telah menyatakan bahwa dia lebih senang bermain sebagai pemain tengah dibanding pemain bertahan.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur

Tak heran banyak klub memantaunya sejak musim lalu, di antaranya Paris Saint-Germain, Manchester City, AS Roma dan Borussia Dortmund. Tapi kini pilihan mengerucut kepada 2 klub yang serius ingin membelinya, yaitu Barcelona dan Tottenham Hotspur. De Jong pernah mengutarakan keinginannya untuk bermain bersama Lionel Messi, sehingga kans Barca lebih besar. Sekretaris divisi Teknik Barcelona, Eric Abidal, terus berkomunikasi dengan perwakilan De Jong untuk merayunya pindah. Tapi tawaran sebesar 25-30 juta dari Barcelona ditolak Ajax melalui Sporting Director-nya Marc Overmars.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur

Kemudian Mauricio Pochettino juga bernafsu untuk memboyong De Jong ke Spurs, dan sempat menawar sebesar 45 juta. Sayangnya nilai tersebut belum bisa menggugah Overmars untuk menerimanya. Dia yakin di bulan Januari, kedua klub akan kembali lagi dengan penawaran yang lebih tinggi, terlebih setelah De Jong dipanggil masuk Timnas Belanda dan melakukan debut melawan Peru. Penampilan De Jong di timnas dinilai sangat baik dan dipuji media, dan hal ini akan berakibat semakin tinggi nilai transfernya.

Frenkie De Jong yang diperebutkan Ajax, Barcelona, & Tottenham Hotspur