Meski banyak menimbulkan pro dan kontra, namun tak bisa dipungkiri bahwa industri ini juga sangat berkembang di Korea Selatan.Hal ini juga menjadikan isu operasi plastik sebagai bahan cerita karya visual oleh sutradara dan produser film serta drama Korea. Apa aja drama dan film asal Korea Selatan yang bercerita tentang operasi plastik?

1. My ID Is Gangnam Beauty.

Film & drama Korea di balik tren operasi platik ini patut kamu tonton

Kalian para pengabdi drakor (drama Korea) yang update pasti nggak lupa untuk melewatkan drama on-going yang satu ini. Drama yang diangkat dari webtoon populer ini bercerita tentang tokoh utamanya, Kang Mi Rae yang diceritakan sebagai seorang gadis pemalu dan selalu dibullykarena memiliki wajah jelek saat masih sekolah.

Tiba saat masuk kuliah, Kang Mi Rae pun menetapkan tekadnya untuk terlahir kembali menjadi cantik lewat sebuah operasi plastik. Alur konfik pun dimulai, saat berubah menjadi cantik pun Mi Rae tetap menjadi bahan perundungan. Bahkan di kampusnya, Kang Mi Rae mendapat sebutan Gangnam Beauty yang berarti sebutan orang Korea untuk para wanita yang melakukan banyak operasi plastik.

My ID Gangnam Is Beauty juga mengisahkan bagaimana pelaku operasi plastik berjuang untuk menghindari cemooh dan segala komentar negatif tentangnya. Drama ini ditayangkan di channel JTBC dan dibintangi oleh Cha Eun Woo ASTRO, Im Soo-hyang, Jo Woo Ri, dan juga Kwak Do Yeon turut berperan sebagaipemeran utama di serial drama ini.

2. Birth of beauty.

Film & drama Korea di balik tren operasi platik ini patut kamu tonton

Merupakan drama Korea Selatan yang berjumlah 21 episode dengan mengusung genre komedi romantis. Menceritakan Sa Geum-ran (Ha Jae-sook) seorang wanita yang kelebihan berat badan, namun berhati baik dan menikahi pria dari keluarga kaya. Tetapi suaminya, Lee Kang-joon (Jung Gyu-woon) menghabiskan waktu untuk berbisnis. Geum-ran menemukan Kang-joon telah mengkhianatinya dan menjalin hubungan dengan pembawa acara terkenal Gyo Chae-yeon (Wang Ji-hye).

Geum-ram mengalami kecelakaan mobil dan semua orang beranggapan bahwa Geum-ran bunuh diri. Untuk membalas dendamnya, akhirnya Geum-ran meminta Han Tae-hee (Joo Sang-wook) yang merupakan seorang dokter bedah plastik untuk mengubah dirinya dan berakhir menjadi rekan pembalasan dendam.

Akhir cerita, Tae-Hee sadar bahwa ketika seseorang jatuh cinta, meskipun uang bisa membeli apa saja namun tidak halnya dengan cinta atau menyembuhkan luka di hati. Drama ini disiarkan oleh stasiun TVSBS pada tahun 2014 silam dengan jumlah episode sebanyak 20 episode.

3. Before and After: Plastic Surgery Clinic.

Film & drama Korea di balik tren operasi platik ini patut kamu tonton

Pertama kali saat menonton ini, kamu akan menikmati tayangan ini dengan merinding. Saat episode pertama, kamu sudah akan disuguhi oleh gambaran mal praktik kecelakaan operasi plastik. Drama ini juga mirip dokumenter tentang bagaimana proses operasi plastik ditampilkan secara detail.

Drama ini juga dapat digambarkan sebagai sindiran sosial yang mengomentari booming saat ini dalam operasi plastik di Korea. Drama ini juga mengisahkan momen-momen lucu dan menyentuh tentang kisah orang-orang yang melakukan operasi plastik karena berbagai alasan. Kisah juga berlanjut dengan bagaimana orang-orang yang mencari klinik bedah plastik, beragam tindakan pekerjaan yang harus dihadapi staf medis, dan juga kehidupan kisah pribadi para pemainnya.

Drama ini ditayangkan oleh MBC pada tahun 2008 dengan jumlah 12 episode dan diperankan oleh So E-Hyun, Lee Jin-Wook, Kim Seong-Min, Jung Ae-Youn dan Hong Ji-Min.

4. Human Form.

Film & drama Korea di balik tren operasi platik ini patut kamu tonton

Berbeda dengan ketiga daftar di atas, Human Form merupakan film Korea Selatan yang juga bercerita tentang operasi plastik. Dikisahkan, saat duduk di bangku SMA, Inhyung takbisa lagimenahan keinginannya untuk melakukan operasi tersebut. Karena orang tuanya tak mau membiayai, maka Inhyung harus menggunakan uangnya sendiri.

Permasalahan pun dimulai saat Inhyung mengetahui tabungannya tak cukup untuk operasi yangia idam-idamkan. Ihnyung pun akhirnya memilih jalan pintas. Meski menceritakan kelaziman tentang operasi plastik, namun film ini sekaligus juga mengkritisi pemahaman tersebut. Film ini dirilis pada 19 Juni 2014 dan diperankan oleh Ye Eun Lee,Si Yeon Kim,Jinseon Sondan Ae-Jin Kim.