Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera yang memiliki banyak keragaman suku. Untuk saling mengenal adat dan budaya antar suku di daerahnya, pemerintah Aceh menyelenggarakan festival kebudayaan terbesar yang diadakan setiap 4-5 tahun sekali yang dikenal dengan nama PKA (Pekan Kebudayaan Aceh).

Event ini digelar pertama kali pada tahun 1958 atau 60 tahun silam. Tahun ini merupakan helatan ke tujuh yang diselenggarakan tanggal 5-15 Agustus di Kota Banda Aceh dengan tema Aceh Hebat dengan Adat Budaya Bersyariat. Penasaran apa saja rangkain acara disuguhkan? Yuk, intip rangkuman berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber, Minggu (5/8).

1. Pagelaran berbagai macam kesenian Aceh.

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi foto:pkaceh.com

Akan ada puluhan macam pagelaran seni tradisi dan kontemperor yang menjadi suguhan bagi pengunjung PKA VII. Kesenian yang ditampilkan berupa tarian khas Aceh seperti tari saman, Ranup Lampuan, Rapai dan masih banyak lainnya.

2. Festival kuliner.

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi foto: masakankulineria.blogspot.com

Beragam kuliner khas dari setiap kabupaten/kota di Aceh akan dihadirkan pada festival kuliner di PKA VII, dengan mengangkat tema Ensyclofoodia. Uniknya acara ini akan dibuka dengan adat khusus masyarakat Aceh.

3. Anjungan yang berbeda setiap daerah.

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi foto:pkaceh.com

Setiap Kabupaten/Kota di Aceh memiliki masing-masing anjungan atau stand berupa rumah adat yang memiliki ciri khas berbeda satu sama lainnya. Di setiap anjungan terdapat aneka produk kebudayaan yang khas dan pameran adat perkawaninan yang berbeda setiap daerah.

4. Pesta rakyat dan Aceh expo.

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi foto:pkaceh.com

Tidak lengkap rasanya jika di event kebudayaanbegini tidak ada pesta rakyat. Pesta rakyat akan melibatkan para pedagang kecil maupun menengah untuk memeriahkan event PKA kali ini. Tak ketinggalan, pemerintah Aceh juga menyelenggarakan Aceh Expo di Lapangan Blang Padang sebagai ajang untuk promosi produk unggulan dari Aceh.

5. Aneka permainan rakyat

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi foto:pkaceh.com

Puluhan jenis permainan rakyat seperti maen gaseng (main gasing), meuen galah dan aneka permainan lainnya akan ditampilkan dan ikut dilombakan dalam event PKA.

6. Anugerah budaya.

5 Festival kebudayaan terbesar khas Aceh yang wajib dikunjungi

foto:pkaceh.com

Event ini dilaksanakan untuk memberikan penganugerahan kepada tokoh-tokoh berprestasi di bidang kebudayaan Aceh.