Beberapa dari wanita hanya mengetahui puber kedua hanya di alami oleh kaum pria di atas umur 30 tahun. Wah, tapi kamu tahu nggak sih, kalau wanita sebenarnya juga mengalami puber dua kali di atas umur 30 tahun?

Pada proses ini para ahli menyebutnya sebagai masa perimenopause. Biasanya menimbulkan gejala fisik dan psikologis contohnya, sulit untuk menurunkan berat badan, merasa kulit lebih kering, sertamood swingyang cepat berubah.

Sebagian wanita yang mengalami puber kedua juga kesulitan menghadapi situasi ini. Tapi kalian para wanita nggak perlu khawatir, berikut cara mengatasinya girls.

1. Tak perlu takut dan lari dari masa puber kedua ini.
Untuk kalian para wanita jangan takut akan perubahan yang terjadi pada dirimu. Nikmati saja setiap perubahan yang sedang terjadi. Jangan malu atau bingung mengenai perubahan tersebut. Jalanin aja deh!

2. Memulai rutinitas yang baru.
Cobalah membuat rutinitas baru seperti, olahraga, melakukan kegiatan di alam terbuka. Jika kalian seringhangoutdengan teman-teman kalian, coba lakukan kegiatan yang membuat pikiran menjadi lebih fresh.

3. Menjalani pola diet yang benar.
Diet bukan hanya sekedar masalah menurunkan berat badan lho! Akan tetapi memperhatikan pola asupan nutrisi yang di konsumsi. Karena faktor umur juga, jadi kalian harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kalsium yang cukup. Dengan mengatur pola asupan membuat kalian jadi lebih tenang melewati masa puber kedua ini.

4. Istirahat cukup.
Aktivitas sehari-hari memang kadang memforsir pikiran dan badan kita terlalu extra. Nah, usahakan beristirahat yang cukup saat ada waktu luang girls! Seperti tidur yang cukup karena ini membuat kalian tidak mudah stress melewati masa-masa ini.

5. Selalu berusaha romantis dengan pasangan.
Bagi kalian yang sudah telah lama menikah, mungkin akan datang rasa kejenuhan. Jangan terlalu lama dalam situasi ini. Cobalah bangun suasana romantis dengan pasangan kalian dengan cara melakukan hal-hal yang pernah kalian dan pasangan lakukan saat awal-awal pernikahan dulu.