Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan di musim hujan adalah dengan membaca nove Jepang. Tak perlu khawatir apabila kamu tidak bisa berbahasa Jepang, karena daftar novel di bawah sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan beberapa sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Karya-karya ini merupakan novel yang sudah dapat dikateorikan lama, namun sisanya masih tergolong baru. Simak ulasannya satu per satu.

1. A Pale View of the Hillsby Kazuo Ishiguro

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Pemenang Nobel Sastra 2017, Kazuo Ishiguro adalah seorang penulis Inggris keturunan Jepang yang lahir di Nagasaki dan pindah ke Inggris pada usia lima tahun. Karya karya Kazuo Ishiguro terkenal dengan ciri khasnya dengan menggabungkan ambiguitas, prosa yang indah dan kedalaman emosional yang kuat.

Diterbitkan pada tahun 1982, novel pertama Kazuo, A Pale View of the Hills, menceritakan kisah seorang wanita Jepang setengah baya yang tinggal sendirian di Inggris. Saat wanita itu berdiam dan termenung atas kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh putrinya baru-baru ini, wanita melihat ke dalam dan menemukan kenangannya kembali ke musim panas yang dia habiskan bersama teman-temannya di Nagasaki, saat mereka berupaya bangkit dari perang. A Pale View of the Hills adalah kisah perjuangan asimilasi melintasi berbagai budaya dan transisi keluarga; sebuah cerita tentang kehilangan dan penemuan kembali, dan tentang memori - seperti yang dipelintirnya.


2. Moshi Moshiby Banana Yoshimoto

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Moshi Moshi, adalah sebuah novel yang ditulis oleh Banana Yoshimoto. Siapkan tissue saat membaca novel ini, karena novel ini menceritakansebuah kisah yang menyedihkan. Bercerita tentang Yoshie, seorang gadis berusia 20-an yang malang karena ayahnya, seorang musisi, meninggal dalam sebuah perjanjian cinta-pembunuhan-bunuh diri yang aneh dengan orang asing. Mencoba menjauhkan diri dari tragedi tersebut, Yoshie dan ibunya pindah ke sebuah apartemen kecil di Shimokitazawa. Namun, masa lalu Yoshie tidak begitu mudah dilupakan, dan kesedihannya menghantui mimpinya saat ia mencoba membangun kehidupan baru di Tokyo.


3. Apparitions: Ghosts of Old Edoby Miyuki Miyabe

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Apparitions: Ghosts of Old Edo karya Miyabe adalah kumpulan delapan cerita pendek, yang semuanya berpusat pada tema hantu Jepang. Dengan setting dalam periode Edo yang lama, sekitar pada abad ke-18, menceritakan kisah kisah yang mencekam dan mampu membuat kita gelisah. Apabila anda menyukai cerota horror Jepang, dan penasaran dengan hantu-hantu Jepang, buku ini cocok untuk anda.


4. The Housekeeper and the Professorby Yoko Ogawa

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Novel yang ditulis oleh Yoko Ogawa ini menyajikan cerita yang menghangatkan hati. Buku ini menceritakan tentang matematika, memori, bisbol dan cara-cara unik manusia dalam menemukan rasa menjadi bagian dari satu keluarga dengan orang asing. Alur cerita buku ini menceritakan tentang seorang pengurus rumah tangga muda, seorang ibu dengan seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun, yang dipekerjakan untuk merawat seorang profesor.

Profesor itu adalah seorang matematikawan brilian, namun, karena mengalami cedera otak yang parah, professor tersebut hanya memiliki memori jangka pendek selama 80 menit. Setiap pagi, Pengurus Rumah Tangga harus memperkenalkan dirinya kepada Profesor dan, meskipun Profesor melupakannya setiap 80 menit, mereka mengembangkan hubungan yang aneh tapi indah. Novel ini menyajikan plot yang unik, indah, dan tentu saja sekaligus menghangatkan hati.


5. Desireby Haruki Murakami

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Arguably one of the most famous authors to have ever come out of Japan, Haruki Murakamis work is the most easily accessible for those looking to read recent Japanese literature. His most recent collection,Desire, features five short stories all centered around the titular theme; this manifests differently in each story, whether in hunger, lust, infatuation or unrequited longings. Expect Murakamis usual brilliance, poignant prose and surrealist style.

Haruki Murakami dikenal sebagai salah satu penulis paling terkenal dari Jepang, karya - karya dari Haruki Murakami juga sudah banyak titerjemahkan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia sehingga lebih mudah untuk didapatkan. Desire, merupakan karya terbaru dari Haruki Murakami yang menampilkan lima cerita pendek yang berpusat pada tema tertentu; tema tema yang terlihat pun berbeda beda entah dalam kelaparan, nafsu, kegilaan atau kerinduan yang tak berbalas. Seperti karya Haruki Murakami lainnya, buku ini juga masih kental dengan ciri khas tulisan Murakami seperti prosa pedas dan gaya surealis.


6. I am a Catby Soseki Natsume

6 Novel Jepang ini cocok jadi bacaanmu di akhir pekan

Apakah anda tertarik untuk membaca sebuah novel dari sudut pandang hewan berkaki empat seperti kucing? Apabila jawabannya adalah iya, buku ini harus masuk ke dalam daftar bacaan anda. Buku ini pada awalnya diterbitkan sebagai cerita pendek antara tahun 1905 dan 1906, novel tersebut menceritakan tentang anak kucing kesepian dan tidak diinginkan.

Anak kucing tersebut mengelilingi berbagai tempat dan mengamati masyarakat dan sifat manusia. Anak kucing itu mengamati semua orang dari para pemuka agama sampai guru sekolah, dan memberi kita gambaran akan pergolakan sosial periode Meiji melalui pandangan seorang kucing. Bagi siapapun yang menyukai kucing atau memiliki ketertarikan dengan literatur Jepang, maka anda harus membaca buku ini setidaknya satu kali.