Apple menulis proposal untuk Unicode yang berisi: "Satu dari tujuh orang di seluruh dunia memiliki kondisi tubuh cacat, apakah itu cacat fisik yang melibatkan penglihatan, pendengaran, atau kehilangan keterampilan motorik fisik, atau kecacatan yang lebih tersembunyi dan tak terlihat. Arus pemilihan emoji menyediakan beragam representasi orang, aktivitas, dan objek yang berarti bagi masyarakat umum, tetapi sangat sedikit yang menggambarkan pengalaman hidup mereka yang berkebutuhan khusu. "

Perusahaan Apple pun menambahkan: "Kumpulan emoji baru yang kami usulkan ini bertujuan untuk menyediakan pilihan yang lebih luas untuk mewakili kategori dasar bagi para penyandang disabilitas. Ini tidak dimaksudkan untuk menjadi daftar komprehensif dari semua kemungkinan penggambaran difabel, tetapi untuk menyediakan titik awal untuk representasi yang lebih besar untuk keragaman dalam dunia emoji. "

Di Twitter, warganet menyambut baik jajaran emoji baru yang diusulkan, yang kemungkinan akan tiba pada awal 2019 jika disetujui oleh pihak Unicode. Seperti yang dikatakan Apple, emoji baru yang diusulkan tidak mewakili apa pun yang mendekati adanya kehidupan yang berbeda yang dialami individu pada tahun 2018. Tetapi mereka jelas merupakan langkah yang tepat menuju masa depan emoji yang lebih inklusif.