Kalau selama ini kamu cuma bisa melihat kendaraan tempur ini saat HUT TNI atau pameran alutsista saja, tapi sekarang kamu bisa melihatnya setiap saat bahkan bisa berswafoto dengan alutsista buatan anak bangsa ini.

Yup, monumen panser Anoa kini menghiasi salah satu sudut taman Kota Bandung di bilangan jalan Cibeunying. Nah, menurut Direktur Utama PT. Pindad, Abrahamam Moses monumen ini merupakan simbol kebanggaan untuk warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung di mana lokasi Pindad berada.

Panser Anoa 6x6 ini merupakan kebanggan dari bangsa Indonesia karena diproduksi di dalam negeri oleh putra-putri bangsa Indonesia, dan telah teruji kulitasnya karena telah digunakan oleh TNI kita menjaga kedaulatan NKRI dan beroperasi di misi perdamaian PBB di berbagai negara, ujar Abraham saat di sela-sela rangkaian ulang tahun ke-36 di Bandung.

Lantas apa sih fakta kehebatan dari Panser Anoa ini? Yuk, kita simak penjelasannya bersama.

1. Panser pertama buatan Indonesia.

Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

Dalam suatu peperangan kendaraan tempur seperti tank atau panser musti ada untuk mendukung pergerakan pasukan di garis depan. Fungsinya selain buat bantu penyerangan juga buat jangkar pertahanan wilayah yang sudah dikuasai.

Nah, kalau beli dari luar negeri selain mahal, kekuatan kendaraan tempur kita pun bakal kebaca awal musuh. Oleh karena itu di tahun 2003, pindad membuat kendaraan angkut personel ringan (APR) tipe 1 V buatmendukung pergerakan pasukan TNI sewaktu konflik di Aceh. Setelah itu APR dikembangin menjadi kendaraan Angkut Personel Sedang (APS) 1 dan APS-2, dan lebih disempurnakan lagi di APS-3 yang diberi nama hewan endemik Sulawesi, yakni Anoa.

2. Bantu misi perdamaian PBB.

Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

Tahun 2010, Anoa ini dijajal ketangguhannya dalam misi perdamaian kontingen Garuda XXIII Lebanon. 13 Anoa berkelir putih dengan logo PBB/UN hilir mudik mengantarkan pasukan TNI menjalankan tugas mulia menjaga perdamian dunia. Nah, setelah itu dunia akhirnya mengetahui keunggulan dan kehebatan dari panser Anoa buatan Indonesia yang pertama kali dipamerkan ke publik pada tahun 2008.

3. Kebal peluru dan ranjau.

Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

Panser Anoa 6X6 ini punya lapisan baja kuat plus teknologi STANAG tingkat 3 sehingga badan dan Anoa ini bisa nahan gempuran peluru kinetis Armour Piercing standar senjata NATO. Selain itu, Anoa ini juga mampu menahan serangan ranjau darat atau bom dengan bahan peledak mencapai 8 Kilogram. Nah, karena kekuatannya yang kebal peluru dan ranjau, maka Anoa sering kali dijadikan kendaraan pengaman yang berada di barisan paling depan.

4. Punyasistem senjata hebat.

Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

Selain buat mengangkut personel TNI, Panser Anoa ini juga dilengkapi dengan senapan mesin berat dengan kaliber 12.7 mm dan 7.62. Selain itu juga ada senapan remote weapon system 7.62 mm dan pelontar granat kaliber 40 mm. Dengan daya dukung sistem persenjataan yang mumpuni inilah maka Anoa bisa diandalkan untuk melakukan serangan maupun pertahanan suatu wilayah.

Wah keren ya, teknologi industri pertahanan Indonesia sudah sangat maju dan disegani sama negara lain.