×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

0

N/A

Dijadikan monumen, ini 4 fakta Panser Anoa buatan anak bangsa

Keren, lapisan baja Panser Anoa ini kebal peluru lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

10 / 04 / 2019 10:01

Kalau selama ini kamu cuma bisa melihat kendaraan tempur ini saat HUT TNI atau pameran alutsista saja, tapi sekarang kamu bisa melihatnya setiap saat bahkan bisa berswafoto dengan alutsista buatan anak bangsa ini.

Yup, monumen panser Anoa kini menghiasi salah satu sudut taman Kota Bandung di bilangan jalan Cibeunying. Nah, menurut Direktur Utama PT. Pindad, Abrahamam Moses monumen ini merupakan simbol kebanggaan untuk warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung di mana lokasi Pindad berada.

Panser Anoa 6x6 ini merupakan kebanggan dari bangsa Indonesia karena diproduksi di dalam negeri oleh putra-putri bangsa Indonesia, dan telah teruji kulitasnya karena telah digunakan oleh TNI kita menjaga kedaulatan NKRI dan beroperasi di misi perdamaian PBB di berbagai negara,” ujar Abraham saat di sela-sela rangkaian ulang tahun ke-36 di Bandung.

Lantas apa sih fakta kehebatan dari Panser Anoa ini? Yuk, kita simak penjelasannya bersama.

1. Panser pertama buatan Indonesia.

Loading...

pindad.com

Dalam suatu peperangan kendaraan tempur seperti tank atau panser musti ada untuk mendukung pergerakan pasukan di garis depan. Fungsinya selain buat bantu penyerangan juga buat jangkar pertahanan wilayah yang sudah dikuasai.

Nah, kalau beli dari luar negeri selain mahal, kekuatan kendaraan tempur kita pun bakal kebaca awal musuh. Oleh karena itu di tahun 2003, pindad membuat kendaraan angkut personel ringan (APR) tipe 1 V buat mendukung pergerakan pasukan TNI sewaktu konflik di Aceh. Setelah itu APR dikembangin menjadi kendaraan Angkut Personel Sedang (APS) 1 dan APS-2, dan lebih disempurnakan lagi di APS-3 yang diberi nama hewan endemik Sulawesi, yakni Anoa.

 

2. Bantu misi perdamaian PBB.

pindad.com

Tahun 2010, Anoa ini dijajal ketangguhannya dalam misi perdamaian kontingen Garuda XXIII Lebanon. 13 Anoa berkelir putih dengan logo PBB/UN hilir mudik mengantarkan pasukan TNI menjalankan tugas mulia menjaga perdamian dunia. Nah, setelah itu dunia akhirnya mengetahui keunggulan dan kehebatan dari panser Anoa buatan Indonesia yang pertama kali dipamerkan ke publik pada tahun 2008.

 

3. Kebal peluru dan ranjau.

pindad.com

Panser Anoa 6X6 ini punya lapisan baja kuat plus teknologi STANAG tingkat 3 sehingga badan dan Anoa ini bisa nahan gempuran peluru kinetis Armour Piercing standar senjata NATO. Selain itu, Anoa ini juga mampu menahan serangan ranjau darat atau bom dengan bahan peledak mencapai 8 Kilogram. Nah, karena kekuatannya yang kebal peluru dan ranjau, maka Anoa sering kali dijadikan kendaraan pengaman yang berada di barisan paling depan.

 

4. Punya sistem senjata hebat.

pindad.com

Selain buat mengangkut personel TNI, Panser Anoa ini juga dilengkapi dengan senapan mesin berat dengan kaliber 12.7 mm dan 7.62. Selain itu juga ada senapan remote weapon system 7.62 mm dan pelontar granat kaliber 40 mm. Dengan daya dukung sistem persenjataan yang mumpuni inilah maka Anoa bisa diandalkan untuk melakukan serangan maupun pertahanan suatu wilayah.

Wah keren ya, teknologi industri pertahanan Indonesia sudah sangat maju dan disegani sama negara lain.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red