Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, tidak terkecuali dengan kaum hawa. Berat badan memang menjadi isu yang sangat sensitif bagi kaum Ibu tersebut, hingga mereka bisa melakukan apa saja demi mendapatkan berat ideal , salah satunya dengan melakukan program diet. Namun belakangan ini kita banyak keliru mengartikan diet , akibatnya dapat menyiksa diri sendiri. Diet berasal dari Bahasa Romawi , yaitu gaya hidup. Akan tetapi, kebanyakan kita sudah beranggapan jauh dari pengertian tersebut. Konsep diet yang benar haruslah aman , bukan menyiksa diri dengan tidak memberikan nutrisi bagi tubuh.

Sebenarnya jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, kita tidak perlu melakukan program diet. Karena jika programnya sudah selesai, biasanya kita akan kembali melakukan pola makan sebelum melakukan program bahkan mungkin balas dendam dengan diri kita sendiri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, alangkah baiknya diet kita kembalikan kepada makna sesungguhnya, yaitu memulai gaya hidup dengan teratur dan sehat. Kita bisa memulainya dengan melakukan hal sesederhana ini :

1. Minum Air Putih Segera Setelah Bangun dan Jangan Lupa Untuk Bersyukur

Tak perlu mati-matian diet kalau sehat bisa dengan 4 aksi sepele ini

Tubuh kita terdiri dari 70% air, maka sangatlah penting bagi kita untuk minum air putih , terlebih setelah bangun pagi. Manfaat minum air putih segera setelah bangun pagi sangatlah banyak, mulai dari menghilangkan racun dalam tubuh, memperlancar buang air, mencegah kenaikan berat badan, hingga membantu kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, minum segelas atau lebih air putih segera setelah bangun pagi membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalani hari. Jika sudah tahu manfaatnya, ayo biasakan diri kita dari sekarang dan jangan lupa untuk bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk terbangun di pagi hari.

2. Makan Teratur

Tak perlu mati-matian diet kalau sehat bisa dengan 4 aksi sepele ini

Jika dengan program diet membatasi kita untuk makan sedikit mungkin, maka kita tidak perlu khawatir. Makanlah dengan teratur, 2-3 kali sehari sesuai dengan kebiasaan yang kita lakukan sebelumnya. Catatannya yaitu makanlah makanan yang kaya akan serat, sayur berwarna, dan mengandung protein yang baik untuk tubuh . Namun, banyak dari kita berpikiran makanan yang seperti itu mahal dan repot. Jika seperti itu, mulailah untuk mengubah kebiasaan kita. Mulailah memerhatikan dan mempertanyakan apakah yang kita konsumsi sudah baik bagi kesehatan kita atau tidak. Mulailah untuk sedikit repot dalam menyiapkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita dengan mengonsumsi berbagai macam makanan seperti sayuran, buah, protein, kacang-kacangan dan berbagai macam asupan yang dibutuhkan tubuh. Menyiapkan makanan untuk diri sendiri sebenarnya akan lebih murah dan terjamin kebersihannya jika kita mau mengatasi rasa malas yang ada pada diri kita

3. Olahraga

Tak perlu mati-matian diet kalau sehat bisa dengan 4 aksi sepele ini

Olahraga bukanlah gaya hidup, melainkan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak dari kita melakukan program diet, tapi seringkali melupakan yang satu ini karena berbagai alasan. Olahraga tidak perlu ke tempat gym, dan bisa dilakukan dimanapun, termasuk di rumah dengan melakukan work out. Namun untuk mengubah suasana, sesekali (Bisa dua kali seminggu) alangkah baiknya berolahraga di tempat terbuka, misalkan di taman atau lapangan olahraga. Hal ini akan memberikan rasa yang berbeda saat kita bertemu dengan orang-orang yang melakukan aktifitas yang sama dengan yang kita lakukan. Berolahraga di luar akan membuat kita lebih termotivasi dan semangat, karena secara tidak langsung, energi dari orang lain yang sedang berolahraga tersalurkan kepada kita.

4. Berpikiran Positif

Tak perlu mati-matian diet kalau sehat bisa dengan 4 aksi sepele ini

Yang terakhir adalah kunci dari semuanya, belajar untuk mengelola pikiran kita untuk selalu berpikiran positif terhadap apa pun itu. Dengan begitu, kita akan merasa enteng danbalance.Pikiran positif identik dengan ketenangan hati dan kepercayaan dirii. Jiwa raga yang tenang akan lebih sehat dan produktif dalam melakukan sesuatu dan dalam menyelesaikan masalah akan selalu berpikir dengan kepala dingin sembari memikirkan jalan keluar untuk permasalalahan tersebut. Berpikir positif akan membuat seseorang berhati lapang dalam menyikapi suatu kondisi. Orang dengan pikiran positif akan menanamkan dalam dirinya bahwa hari ini boleh jadi gagal, namun hari esok harus jadi pembelajaran dari hari ini.

Itulah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk memulai hidup sehat. Lakukan hal sederhana di atas untuk membiasakan diri kita untuk menjadi lebih pribadi yang lebih baik dan sehat.