Suhu panas di Indonesia bukanlah hal yang baru lagi, bahkan hampir pada beberapa daerah yang tersebar di negara kita ini memiliki suhu yang luar biasa panasnya. Sebut saja DKI Jakarta, di mana ibukota Indonesia ini memiliki suhu yang memang benar-benar panas. Terlebih setelah munculnya bangunan-bangunan menjulang tinggi, pabrik, dan semakin banyaknya penggunaan kendaraan membuat ibukota negara kita ini semakin terasa panas.

Hal itu dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui Garis Khatulistiwa. Maka tak heran, dengan cuacanya yang terik dan suhunya yang panas membuat kulit terasa terbakar. Namun jika dibandingkan dengan 5 negara ini, panasnya Indonesia belum ada apa-apanya loh!. Bahkan, kelima negara yang tersebar di berbagai belahan dunia ini memiliki suhu panas berkali-kali lipat dari Indonesia. Wah serem sekali bukan?

Penasaran kan negara mana sajakah itu? untuk itu yuk kita langsung saja simak ulasannya dibawah ini yang seperti dilansir oleh laman asalasah.com (23/11). Yuk cekidot!

1. Mali, Afrika Utara

Dibanding 5 negara ini, suhu panas di Indonesia belum ada apa-apanya

source image: https://carajuki.com

Suhu panas yang ada di negara Mali, Afrika Utara ini mencapai 54,5 derajat celcius sehingga membuat sekitar 15 juta jiwa di Mali harus merasakan cuaca yang sangat panas. Untungnya, di negara ini masih ada sungai besar, yakni sungai Niger yang sangat bermanfaat bagi warga untuk mendinginkan tubuh ditengah teriknya matahari yang sangat panas.

2. Rubal Khali, Semenanjung Arabia

Dibanding 5 negara ini, suhu panas di Indonesia belum ada apa-apanya

source image: http://img.okeinfo.net

Rubal Khali merupakan sebuah padang pasir yang paling besar di dunia. Wilayah padang pasir ini mencangkup beberapa wilayah negara di Semenanjung Arab, diantaranya adalah Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Suhu tertingginya pernah mencapai 56,1 derajat celcius.

3. Death Valley, Amerika Utara

Dibanding 5 negara ini, suhu panas di Indonesia belum ada apa-apanya

source image: https://4.bp.blogspot.com

Death Valley memiliki sebutan lain yaitu, Lembah Kematian. Lembah ini terletak di Gurun Mojave, California, Amerika Utara. Suhu di lembah ini diklaim mencapai 57 derajat celcius dan merupakan sebuah wilayah terkering, terpanas, dan terendah di Amerika Utara. Bahkan, Beberapa orang berpendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini menyebabkan Death Valley sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

4. Dasht-e Lut, Iran

Dibanding 5 negara ini, suhu panas di Indonesia belum ada apa-apanya

source image: https://media.mnn.com

Dasht-e Lut, atau yang lebih akrab disebut Gurun Lut merupakan sebuah wilayah yang memiliki suhu panas di dunia. Bahkan, pada tahun 2005 silam, Gurun Lut ini menjadi daratan terpanas di Bumi dengan suhu panas 70 derajat celsius. Hebatnya, saking panasnya suhu yang ada di wilayah ini membuat susu tidak mudah basi dikarenakan bakteri tidak mungkin hidup dengan suhu yang sangat panas ini.

5. Flaming Mountain (Huo Yan Shan), China

Dibanding 5 negara ini, suhu panas di Indonesia belum ada apa-apanya

source image: http://www.chinadiscover.net

China juga ternyata memiliki wilayah yang panas loh! wilayah tersebut bernama Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Cina. Meskipun dinamakan pegunungan, namun suhu panas di tempat ini terbilang tinggi. Bahkan, suhu yang ada pada wilayah ini diklaim mencapai hingga 80 derajat celsius.

Nah, itulah kelima negara yang memiliki suhu terpanas di dunia dan suhu panas di Indonesia jelas tentu belum ada apa-apanya. Kebayang kan? bagaimana rasanya jika berada di lima negara tersebut. Pastinya kulit akan terasa seperti terbakar dan sangat panas sekali. Bagaimana? kamu tertarik untuk mengunjungi kelima negara tersebut?