Terkenal dan jadi artis secara instan merupakan fenomena yang terjadi di Indonesia. Ada yang mampu bertahan di puncak, namun banyak pula yang dengan cepat redup karena tak mampu bersaing di dunia artis. Di Indonesia, tercatat ada beberapa artis dadakan yang terkenal gara-gara media sosial (medsos).

Mereka jadi artis secara instan karena populer di medsos dan bisa dikatakan hanya karena keberuntungan, bukan karena bakat. Akibatnya, dengan cepat pula mereka meredup dan terlupakan. Mereka tak lagi mendapat tawaran job, tak pernah tampil di televisi, dan lainnya. Nah, berikut deretan artis dadakan yang sudah mulai terlupakan.

1. Norman Kamaru "Chaiya-Chaiya".

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Lewat penampilannya di video lipsync lagu Chaiya-chaiya, nama Norman Kamaru mendadak ramai diperbincangkan. Dalam waktu singkat ia menjadi artis tenar yang wara-wiri di televisi. Terlena dengan sanjungan dan pujian di dunia hiburan, rupanya berbuah pemecatan sebagai polisi. Sejak itu Norman tidak diperbolehkan mengenakan atribut Polri serta menanggalkan embel-embel "Briptu" dalam namanya.

Norman makin mantap mengembangkan sayapnya di panggung hiburan. Bergabung dengan salah satu manajeman artis di Jakarta. Karier Norman masih bisa dibilang berjalan lancar saat itu. Tak hanya menyanyi, Norman juga mendapatkan tawaran main film. Norman Kamaru berakting dalam film Xia Aimeidan berperan sebagai polisi. Setelah itu pamornya terus menurun, masa keemasannya kini hanya menjadi kenangan. Kini ia melakoni bisnis sebagai penjual bubur.

2. Caesar Si Goyang "Keep Smile".

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Lelaki yang bernama Caisar Putra Aditya mungkin asing di telinga, tetapi bila orang menyebut si goyang caesar, semua orang mengenalinya. Tak hanya orangtua, bahkan anak-anak mampu mengenalinya dengan baik.

Setelah selesai SMA, Caisar tidak melanjutkan kuliah dan bekerja sebagai tukang ojek. Dari uluran saudara yang menjadi manajer beberapa komedian, akhirnya Caisar menjadi manajer Yadi Sembako.

Nasib mujurnya ketika ia didapuk menjadi penari dalam acara Ramadhan dalam program Yuk Kita Sahur di stasiun televisi yang sama. Kesuksesan Caisar dan tariannya tidak berhenti di situ saja. Setelah Ramadan usai, acara itu dilanjutkan dengan hadirnya acara TV Yuk Keep Smile. Tarian keep smile ini juga booming di semua kalangan masyarakat Indonesia. Karir Caisar terus menanjak, suami dari Indadari ini langsung kebanjiran tawaran menjadi bintang iklan. Saat ini, Caesar tak lagi sering wara-wiri di layar kaca dan mulai terlupakan.

3. Keong Racun Sinta-Jojo.

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Berkat video lypsinc keong racunnya, nama Sinta dan Jojo menjadi buah bibir di dunia maya dan panggung hiburan Tanah Air. Dua mojang Bandung ini menjadi wanita yang sering ditunggu-tunggu penampilannya. Dalam waktu singkat, hampir semua televisi swasta menghadirkan kedua sosok wanita ini sebagai bintang tamu. Mereka juga sempat tergabung dalam manajemen artis. Tidak hanya menghibur lewat lipsyncnya, Sinta dan Jojo juga mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya dengan menjadi bintang iklan.

Namun, ketenarannya tidak bertahan lama. Nama mereka pun perlahan-lahan mulai meredup, bahkan kini menghilang. Kini posisi mereka telah tergantikan dengan selebritis dadakan lainnya.

4. Udin Sedunia.

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Lelaki yang satu ini juga sempat menenggak manisnya jadi artis terkenal. Dengan modal sebuah lagu Udin Sedunia ia melejit mendadak, tapi tak lama kemudian langsung menghilang. Pria kocak bernama asli Sulaudin itu sekarang menjadi presenter di acara-acara off air di luar kota.

5. Bona Paputungan (Gayus Tambunan).

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Berbeda dengan Sinta Jojo yang memang dengan niat iseng, Bona Paputungan yang menjadi artis dadakan di dunia hiburan karena keinginannya untuk mengkritik melalui sebuah nyanyian. Ya, kisah Gayus Tambunan yang menjadi narapidana akibat kasus dijadikan inspirasinya untuk menciptakan lagu.

Lagu yang diberi judul Andai Ku Jadi Gayus Tambunan berhasil merebut hati masyarakat setelah diunggah di YouTube. Dalam lagu berdurasi 4 menit 47 detik ini terlihat Bona seperti iri melihat kehidupan Gayus yang bisa bebas plesir ke Bali, hingga ke luar negeri ini padahal sedang terlibat kasus.

Kini Bona dikenal sebagai penyanyi yang menyuarakan anti korupsi. Namun pamornya sebagai selebritis tidak segemilang lagi saat lagu Gayus Tambunan berkumandang.

6. Arya Wiguna.

Ini 6 artis instan yang terkenal gara-gara medsos dan mulai terlupakan

Lebih unik lagi, artis yang satu ini tenar karena bermodal marah-marah dalam konferensi pers. Kalimat "Demi Tuhan!" sempat booming di tengah masyarakat Indonesia. Melejitnya Arya Wiguna di dorong oleh ramai videonya yang diparodikan di YouTube. Hal itu juga dibranding oleh hadirnya meme-meme bermunculan dengan menggunakan wajah emosional Arya. Berkat hal itu Arya menjadi sorotan. Wajahnya wara-wiri di stasiun televisi swasta sebagai bintang tamu dalam talk show ataupun infotainment.

Arya juga sempat menjadi model video klip milik Kangen Band. Ketenaran yang diraih Arya membuatnya dikelilingi wanita cantik. Banyak yang menuding Arya sebagai artis aji mumpung yang memanfaatkan perseteruan dengan Eyang Subur sebagai pendongkrak popularitasnya sebagai selebritis. Seperti kehadirannya yang begitu instan, kini namanya tak lagi terdengar.