Idealnya jam biologis manusia adalah bangun di pagi hari dan tidur di malam hari. Namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa atau suka bangun pagi. Bagaimana dengan Anda? Apalagi bila saat bangun Anda malah merasa kelelahan atau lemas, meski jam tidur sudah mencukupi 8 jam. Waspadalah bila ini yang sedang sering Anda rasakan, karena itu pertanda gejala awal depresi.

Gangguan pada ritme sirkadian

Depresi pagi hari merupakan suatu gejala yang dialami seseorang di mana suasana hati menjadi sangat buruk di pagi hari. Gajalanya bermacam-macam termasuk perasaan sangat sedih, frustasi, kemarahan, hingga perasaan tidak bertenaga atau kelelahan. Kondisi seperti ini akan membaik dengan sendirinya menjelang siang hingga menuju malam.

Depresi pagi hari dipengaruhi oleh ritme sirkadian seseorang, jadi bila ritme ini terganggu maka tubuh akan menampakkan gejalanya. Ritme sirkadian sendiri merupakan proses biologis yang mengatur jadwal kerja fungsi tubuh manusia, mulai dari suhu tubuh, tekanan darah, dan produksi hormon selama satu hari penuh.

Gangguan pada ritme sirkadian bisa terjadi bila ada perubahan pada pola tidur, sehingga menyebabkan kekecauan pada produksi hormon. Hormon kortisol yang semestinya diproduksi di pagi hari agar tubuh lebih berenergi dan pikiran lebih waspada, bisa jadi menurun jumlahnya. Sedangkan hormon melatonin yang membanut tubuh beristirahat saat hari mulai gelap diproduksi lebih banyak. Kekacauan ini dapat menyebabkan efek buruk bagi tubuh dan pikiran seseorang, juga dapat mengganggu keseimbangan energi karena menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk.

Atasi depresi tanpa obat

Kabar baiknya adalah gejala depresi pagi hari bisa diatasi tanpa obat. Terapi cahaya seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi, dibantu dengan konseling cenderung lebih manjur untuk mengatasi masalahnya. Terlepas dari metode terapi dan pengobatan, perubahan gaya hidup dapat dilakukan untuk mengatasi depresi di pagi hari.

Tidur dan bangun pagi pada waktu yang sama setiap harinya
-Makan teratur
-Kurangi tidur siang terlalu lama
-Rutin olahraga
-Ciptakan suasana kamar tidur yang membuat Anda lebih mudah terlelap seperti gelap, tenang, dan cukup sejuk.
-Hindari konsumsi zat-zat yang dapat mengganggu kualitas tidur seperti rokok, alkohol, dan kafein.

Coba ingat-ingat kembali apa yang Anda rasakan setiap bangun pagi selama satu bulan ini. Bila ternyata ada tanda-tanda gejala seperti di atas maka mulailah lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Selalu ingat bahwa diri Anda berharga dan Anda dibutuhkan oleh banyak orang di sekitar Anda. Motivasi yang kuat bisa menjadi penyemangat dalam bekerja dan menjalani hidup.

Baca juga: Memotivasi Diri Setelah Terlanjur Berada dalam Situasi yang Menjenuhkan