×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dampak positif & negatif yang timbul dari bermain game PUBG

0

N/A

Dampak positif & negatif yang timbul dari bermain game PUBG

PUBG (Player Unknown's Battlegrounds) jadi trending topic yang ramai dibahas. Pro dan kontra pun muncul dari berbagai kalangan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Angel

26 / 04 / 2019 16:45

Bermain gadget sedang jadi tren di kalangan milenial. Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi sangat pesat. Salah satu dampak perkembangan teknologi yang meresahkan orang tua adalah munculnya permainan virtual yang bisa diakses lewat gadget. Dengan memiliki gadget yang dilengkapi dengan paket internet, kita dapat mengakses game virtual ini di mana pun kita berada.

Salah satu permainan yang saat ini sedang tren di semua kalangan adalah PUBG (Player Unknown's Battlegrounds). Permainan ini menarik karena beberapa pemain dari beberapa negara bisa bertemu di dalam sebuah pertarungan. Pertarungan ini akan memberikan predikat "chicken dinner" bagi pemain atau kelompok yang berhasil bertahan sampai seluruh musuh/lawan mati. 

Sebenarnya permainan ini memiliki nilai positif jika kita menggunakannya dan menerapkannya dengan baik. Berikut akan saya jelaskan dampak positif yang bisa diperoleh dari game PUBG.

1. Team work.

Dalam permainan ini dibutuhkan kerjasama tim yang baik, bagaimana langkah yang akan dilalui sebuah team untuk memenangkan permainan. Selain itu, sebuah tim harus saling memperhatikan anggotanya jika anggota butuh bantuan senjata, medis, atau sedang dikepung lawan. Jika masing-masing anggota tim tidak bekerjasama dengan baik, jangan harap kamu bisa mendapat predikat "chicken dinner" karena musuh akan ada dimana-mana.

Loading...

Di dunia pekerjaan kamu pasti membutuhkan kerjasama antar tim. Bagaimana kamu membentuk komunikasi dengan team kamu. Dengan kerjasama yang baik tim kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal saat bekerja dan bahkan memperoleh bonus. Berguna, kan?

 

2. Survive.

Yes, bertahan bahkan dalam keadaan darurat. Jadi di game ini kita bertarung untuk memperoleh kemenangan. Nah, bertahan dalam situasi yang buruk itu bukan hal yang gampang. Dengan game ini kamu akan diajarkan untuk bertahan saat keadaan benar-benar sekarat. Kebayang gak kamu sudah ditembak dan kritis tetapi kamu tidak punya daya untuk mengobati luka?

Survive tidak hanya kamu butuhkan di permainan, kan? Kamu bisa pelajari hal ini dalam situasi yang kamu alami. Baik di dunia pekerjaan, pendidikan, dan di masyarakat. Belajar survive saat datang cobaan di dalam hidup kamu. Serta bagaimana keluar dari masalah ini dan kembali bersinar.

 

3. Strategy planning.

Sebelum memulai perang sudah pasti dibutuhkan strategi yang mantap. Perencanaan strategi sangat dibutuhkan di dalam game ini. Barang apa yang kamu butuhkan untuk menyerang dan bertahan. Tanpa strategi yang baik akan sia-sialah perjuangan yang kamu lakukan. Nah kalau di permainan saja kamu bisa menjadi strategy planing yang baik, pastikan di kehidupan sehari-hari kamu dapat menerapkannya. Di kantor misalnya, di sekolah, di rumah dan di mana saja kamu berada.

Namun tidak semua orang bisa memahami dampak positif tersebut. Banyak yang sudah memberi "nilai negatif" akan permainan ini. Banyak kontra yang menyayangkan permainan ini, karena membawa bencana bagi sesama. Tapi benarkah game "PUBG" ini meresahkan masyarakat dan dianggap sangat berbahaya?

Berdasarkan opini-opini yang berkembang di tengah masyarakat, ada beberapa dampak negatif dari game ini.

1. Keasyikan bermain hingga lupa waktu.

Terlalu asyik bertarung dalam permainan ini membuat pemain lupa waktu. Sekali pertempuran bisa memakan waktu minimal 25 menit. Bayangkan jika bermain sampai 3 kali pertarungan, bisa menghabiskan waktu satu jam lebih. Bagi orang tua hal ini akan meresahkan karena anak-anak akan cenderung lupa waktu untuk belajar. Bagi para pekerja hal ini akan memengaruhi hasil kerja mereka, kebanyakan bermain akan membuat pekerja kurang fokus akan pekerjaannya. Sebaiknya waktu untuk bermain harus dikontrol, misalnya disaat weekend atau libur agar tidak memengaruhi kehidupan sehari-hari.

 

2. Minimnya interaksi dengan dunia nyata.

Kebanyakan bergaul di dunia virtual membuat waktu untuk berinteraksi dengan manusia di dunia nyata sangat minim. Kebiasaan ini menciptakan manusia yang kurang peka terhadap keadaan sekitar, bahkan menjadi manusia yang tidak peduli. Tentu saja ini membahayakan bagi perkembangan sosial seseorang. Seorang anak yang sudah terbiasa dengan dunia virtual akan menjadi sosok yang apatis dan merasa tidak membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

 

3. Kerusakan mata.

Keseringan bermain dan menatap layar gadget sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. 

 

Dari beberapa nilai positif dan negatif dari sebuah game PUBG, tetap pengawasan orang tua sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak. Untuk orang dewasa, manage diri dan waktu juga diperlukan agar tidak kecanduan sebuah game. Seimbangkan waktu bekerja, istirahat, dan refreshing. 

Selamat menikmati perkembangan teknologi dan jadilah penikmat teknologi yang cerdas. Kamu pengennya dapat nilai yang mana dari game PUBG. Mau yg positif atau negatif, jawabannya ada di diri kamu sendiri.

 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red