×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Damar Kurung, lentera khas Kabupaten Gresik

0

Jalan-Jalan

Damar Kurung, lentera khas Kabupaten Gresik

Bukan hanya China, Indonesia juga punya lentera khas yang berbeda dengan negara lain. Salah satunya lentera Damar Kurung khas Gresik, Jawa Timur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Vindy NY

08 / 11 / 2019 12:55

Damar Kurung adalah lampion khas Gresik. Bentuknya cukup unik dan berbeda dengan lampion pada umumnya. Damar Kurung juga menjadi salah satu ikon Kota Gresik, Jawa Timur. Apabila kamu berjalan-jalan di Kota Gresik, maka tentu kamu akan menemukan Damar Kurung di sepanjang jalanan kota.

Damar Kurung sendiri terbentuk dari kata Damar dan Kurung. Damar bermakna lentera kecil yang bercahaya, sedangkan Kurung adalah tempat tinggal binatang. Damar Kurung mirip seperti lampion namun berbentuk persegi dan dilapisi dengan lukisan yang memiliki beragam makna. Selain itu bagian atasnya juga berbentuk kuncup segitiga. 

Pencipta Damar Kurung yang terkenal adalah Masmundari. Damar Kurung biasa dijadikan sebagai salah satu ciri khas Kota Gresik yang mana biasanya digunakan untuk memperingati Malam Lailatul Qodar pada kalender Hijriah.

Namun seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2012 sudah mulai banyak masyarakat yang membuat dan memasarkan Damar Kurung. Bahan dasarnya pun sekarang mulai beragam, ada yang terbuat dari mika aklirik, bahan kaos, lampu tidur di kamar, lukisan, dan masih banyak lagi.

Karena berkembang pesatnya pembuatan Damar Kurung di Kota Gresik, akhirnya pada tahun 2012 itu Novan Effendy mencetuskan untuk membuat Festival Damar Kurung. Festival ini digelar setiap tahunnya dan diberi nama Pesantren Damar Kurung. Hal tersebut dilakukan guna memperkenalkan dan mengedukasi pemuda di masa mendatang mengenai pentingnya mempelajari budaya dan ciri khas setiap daerah.

Loading...

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red