Mungkin yang ada dipikiran kalian jika mendengar kata presiden adalah orang yang memiliki pekerjaan dengan gaji yang sangat besar, penjagaan ketat oleh pasukan elite negara, memakai mobil mewah dan sebagainya.

Ya, tidak semua jabatan presiden memiliki kemewahan seperti itu Guys. Berikut ini adalah daftar presiden paling sederhana di dunia yang akan membuat mu kagum.

1. Presiden Uruguay Jose Mujica

Kesederhanaan 5 presiden di dunia ini bikin terkagum-kagum

Ini adalah salah satu foto Presiden Uruguay Jose Mujica saat berada di kediaman di Montevideo pada 13 Februari 2014. Pria 78 tahun yang dikenal sebagai presiden termiskin di dunia ini mendonasikan 90 persen gajinya untuk menambah anggaran sosial Uruguay dan lebih memilih tinggal di rumah sederhana kamar satu yang berada di sebuah peternakan, Dan ketika dia telah mengakhiri masa jabatannya banyak masyarakat yang sedih karena Jose terkenal sangat dermawan dan selalu memberi setiap lembar materinya untuk masyarakat miskin yang ia temui.


2. Presiden Bolivia Evo Morales

Kesederhanaan 5 presiden di dunia ini bikin terkagum-kagum

Presiden yang lebih akrab dipanggil Evo ini adalah presiden pribumi pertama di Bolivia sejak masa penjajahan spanyol. Selain itu dia juga presiden dari golongan petani dan memotong setengah gajihnya untuk meningkatkan jumlah guru dan dokter di negaranya.


3. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

Kesederhanaan 5 presiden di dunia ini bikin terkagum-kagum

Presiden yang satu ini dikenal sangat sederhana di dunia walaupun memiliki jabatan tertinggi di Negara modern iran. Presiden yang satu ini dikenal sangat pemberani dan sangat teguh sekali dalam memperjuangkan kedaulatan dan kemajuan Iran dalam berbagai sektor. Selain itu ia juga merupakan presiden yang sangat bijaksana. Baru baru ini presiden tersebut menikahkan puteranya dan pernikahan yang diselenggarakan untuk anaknya ini hanya sekelas pernikahan buruh untuk member pandangan kemasyarakat agar saling berbagi dan tidak hedonis. Dan dia juga tidak segan tidur dirumahnya dengan hanya mengenakan sebuah tikar sebagai alaa. Wah, sangat sederhana sekali ya guys.


4. Presiden Venezuela Hugo Chaves

Kesederhanaan 5 presiden di dunia ini bikin terkagum-kagum

Seperti dilansir CNN, selama 14 tahun memerintah Venezuela, Chavez berhasil memenangkan hati rakyat, terutama kaum miskin. Bahkan banyak yang menganggapnya "manusia setengah dewa". Chavez mengalokasikan dana dari penjualan minyak di negerinya, yang melonjak secara dramatis di masa pemerintahannya, untuk program-program sosial. Misalnya, pemberantasan buta huruf, menyediakan makanan pokok, dan akses ke pendidikan tinggi yang terjangkau. Namun takdir membuat perjuangannya terhenti dengan kanker yang menewaskan chaves pada tahun 2013.


5. Presiden Indonesia Joko Widodo

Kesederhanaan 5 presiden di dunia ini bikin terkagum-kagum

Presiden yang akrab dengan sebutan Jokowi ini adalah salah satu contoh presiden paling sederhana di dunia. Dengan hanya menggunakan setelan kemeja kotak-kotak yang merupakan ciri khas bapak presiden satu ini dia akan langsung berkeliling dan melakukan inspeksi langsung dan sering kali tanpa sepengetahuan wartawan. Dia juga tidak segan untuk bertemu langsung masyarakat dan mendengar setiap keluhan warganya, Indonesia wajib bangga.