×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Daftar 7 negara yang menjadi tujuan bagi pelajar asal Indonesia

0

N/A

Daftar 7 negara yang menjadi tujuan bagi pelajar asal Indonesia

Negara-negara ini memiliki universitas unggulan idaman pelajar asal Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mahatir Malik Ahmad

29 / 01 / 2020 10:34

Indonesia memiliki banyak universitas unggulan yang menerima mahasiswa baru pada sepanjang tahun ajaran barunya. Namun bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi dan berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri, mungkin daftar negara-negara ini dapat menjadi referensi dan pertimbanganmu dan kedua orang tua.

Selain negara-negara ini juga menjadi tujuan para pelajar dari seluruh dunia, masih ada lagi hal-hal lain yang menarik peminat untuk mengenyam pendidikan di negara-negara ini.

Negara mana saja sih yang menjadi tujuan pelajar asal Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Australia.

Sydney, Australia 

Loading...

Australia menjadi benua dan negara yang dekat dengan wilayah Indonesia, tepatnya di arah selatan dan menjadikan negara ini berada di posisi pertama tujuan pelajar dari Indonesia. Setiap tahunnya, Negeri Kangguru ini kedatangan setidaknya 8.000 hingga 10.000 mahasiswa baru yang berasal dari Indonesia.

Kenapa banyak yang mau kuliah di sini ya? Selain sudah menjadi salah satu negara yang cukup maju untuk saat ini, Australia juga menjadi negara yang multikultural lho. Mengapa demikian? Selain suku Aborijin menjadi penduduk pribumi yang menginduki budaya asli negara ini, banyak juga budaya-budaya lain yang dibawa oleh para imigran dari negara luar Australia lho. Jadi, penduduk Australia pastinya akan menerima dan mudah bersahabat dengan masyarakat lain yang menjadi pelajar di negara mereka.

2. Amerika Serikat (USA).

Washington DC, USA

Siapa yang tak kenal dengan negara adidaya ini? Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Donald Trump ini memiliki banyak pilihan universitas terbaik dunia, sebut saja MIT, Havard, Yale, UCLA dan lain sebagainya.

Meski negara ini jauh dari negara kita, tidak sedikit yang memilih negara ini untuh melanjutkan pendidikan mereka lho. Menjadi pusat perekonomian dan hiburan dunia, menjadikan Amerika Serikat kuat di segala bidang. Dan tentunya banyak pilihan destinasi menarik yang dapat dikunjungi mahasiswa dan pelajar untuk mengisi waktu libur mereka sambil belajar dan mengeksplorasi kota.

Kota-kota besar memberikan pengalaman belajar luar biasa. Di antaranya ada ibu kota Washington DC, New Yok City, Chicago, Boston, Los Angeles, dan masih banyak lagi. Meski jauh dari keluarga, tapi ada ilmu yang berkualitas yang kamu dapat di sini!

3. Inggris.

London, UK

Sebagai negara yang memiliki universitas tertua di dunia, Oxford University, pastinya tak diragukan lagi pendidikan yang akan kamu dapat di negara ini. Terbukti banyak publik figur Indonesia yang mengenyam pendidikan di negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II ini. Sebut saja Maudy Ayunda, Gita Gutawa, hingga penyanyi bersuara merdu Vidi Aldiano.

Berada di benua yang kaya akan budaya, Inggris menawarkan pendidikan terbaik di bidangnya di berbagai kota. Meski negara ini terkenal sangat dingin, tak melunturkan semangat para pelajar Indonesia tuh! Semangat 45!

4. Singapura.

SIngapura

Negara tetangga yang satu ini menjadi pilihan banyak pelajar asal Indonesia. Selain sangat dekat dengan Indonesia dan menjadi negara maju saat ini, banyak pilihan universitas yang dapat menjadi referensimu. Dua universitas terbaik di Singapura yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University menempati posisi 12 dan 14 dalam daftar tersebut.

Selain jarak dan kualitas yang menjanjikan, Singapura juga memiliki budaya yang tidak jauh berbeda dengan negara kita lho. Ini akibat percampuran antara budaya Melayu yang sudah menetap sejak lama di negara ini. Meskipun begitu, negara ini terkenal dengan biaya hidupnya yang sangat mahal. Sehingga kalau bukan dari keluarga yang berada, ya penerima beasiswa.

5. Jepang.

Tokyo, Jepang

Bukan rahasia umum lagi jika negara ini menghasilkan banyak orang-orang pintar di negaranya. Terbukti negara ini kaya akan tekonogi-teknologi yang sudah diciptakan dan dipercaya di seluruh dunia. Kedisplinan juga mejadi kunci bagi pelajarnya. Selain itu, negara ini surga makanan bagi pecinta kuliner.

Universitas-universitas asal Jepang seperti Tokyo University, Kyoto University, dan lain sebagainya selalu menjadi langganaan di daftar universitas terbaik dunia. Tinggal di Jepang juga merupakan pengalaman yang tidak dapat terlupakan. Negara yang memiliki budaya sangat indah ini juga memberikan pelajaran bagi kamu yang tinggal di sana.

Selain memiliki budaya yang sangat indah, Jepang juga memiliki bunga sakura dan museum-museum yang akan menambah wawasanmu saat libur kuliah dimulai. Mempelajari budaya negara ini tak akan membawa rasa bosan lho, malah akan sangat ketagihan.

6. Jerman.

Jerman

Negara ini melahirkan banyak musisi klasik yang sudah mendunia sejak dahulu. Sebut saja Ludwig van Beethoven, Richard Wagner dan Johann Sebastian Bach. Selain melahirkan musisi dengan ciptaan lagunya yang indah, Jerman juga menjadi pusat pendidikan besar di dunia lho. Terbukti mantan presiden RI, B. J. Habibie pernah mengenyam pendidikan di sana selepas masa studinya dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan sekarang banyak lho tawaran-tawaran beasiswa pendidikan di Jerman gratis sampai lulus kuliah. Meski begitu, negara yang terletak di benua Eropa ini tidak terlalu mahal dibandingkan negara-negara di Eropa lainnya.

7. Belanda.

Amsterdam, Belanda

Negara yang dahulu pernah menjajah negara kita ini kini menjadi negara yang banyak ditujui pelajar asal Indonesia lho. Tercatat lebih dari 30.000 pelajar dari Indonesia yang mengenyam pendidikan dinegara ini. Terletak di wilayah barat Eropa, negara yang luasnya hanya 41.543 km² ini menjadi kepercayaan banyak pelajar tentang ilmu hukum internasional yang kuat lho. Dan terkadang masih ada masyarakatnya yang masih bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

Nah, setelah membaca tujuh daftar negara di dunia yang menjadi pilihan pelajar asal Indonesia, negara mana nih yang mau kamu tuju?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red