Ada beberapa hal yang tak bisa kamu kendalikan dalam hidup, misalnya adalah penuaan. Penuaan terjadi tak hanya pada wanita, namun juga pada pria, seperti ubanan, bintik hitam hingga kulit kendor.Walaupun tak ada cara untuk menghentikan penuaan, namun kamu masih bisa memperlambatnya dengan cara-cara berikut ini.

1. Bintik hitam.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: brickellmensproducts.com

Bintik hitam disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Biasanya bintik hitam membutuhkan 25 tahun untuk berkembang, karena itulah bintik hitam biasanya akan terlihat saat seseorang mencapai usia empat puluhan.

Menggunakan sunscreen adalah cara termudah untuk memperlambat berkembangnya bintik hitam. Area tangan menjadi area yang rentan timbul bintik hitam. Karena itu gunakanlah sarung tangan ketika kamu berada di luar. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan omega dan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit. Hendaknya hindari pemakaian sabun wajah yang terlalu abrasif karena akan mengikis lapisan permukaan kulit dan mengurangi pelindung alami kulit yang dapat menyebabkan kulitmu rentan terhadap polusi dan kerusakan lain akibat sinar matahari.

2. Kulit kendor pada area rahang.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: totaldermatology.com

Kulit kendor biasanya disebabkan oleh pengaruh gravitasi dan kurangnya produksi kolagen seiring bertambahnya usia. Untuk mencegah terjadinya kulit kendor, terutama di bagian rahang, kurangi merokok karena bahan kimia yang terdapat dalam rokok dapat merusak kulitmu.

Hindari sinar matahari dan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen jika kamu harus berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Saat kamu menonton TV atau komputer, cobalah untuk menjaga kepala tetap pada sudut yang alami dan nyaman. Usahakan untuk tak menonton TV atau komputer dalam jangka waktu yang lama.

3. Ubanan.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: evoke.ie

Menurut survei yang diterbitkan oleh Mintel, pria Inggris tak hanya takut mengalami kebotakan, tapi juga kelebihan berat badan dan ubanan. Solusi untuk menyamarkan rambut ubanan selain dengan mengecatnyaadalah dengan memperlambat prosesnya. Kamudapat memperlambat rambut ubanan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein untuk menjaga kesehatan rambutmu.

4. Keriput.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: unsplash.com

Karenaperbedaan ketebalan dan tingkat kandungan kolagen pada kulit, pria cenderung menua lebih lambat daripada wanita. Tetapi ketika mereka mencapai usia empat puluhan, proses penuaan mulai terlihat.

Mengurangi merokok, stres dan konsumsi gula dapat memperlambat kurangnya elastisitas pada kulit sehingga meminimalisir terlihatnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Alkohol juga menjadi salah satu faktor terciptanya keriput. Pelebaran pembuluh darah akibat alkohol memberikan tekanan pada kolagen dan elastin pada dermis, sehingga mempercepat terjadinya keriput.

5. Kebotakan.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: rd.com

Kebotakan dikabarkan memengaruhi 40 persen pria di bawah umur 30 tahun. Gunakan serum yang mengandung minoxidil agar dapat membantu memperlambat kebotakan dan mempercepat pertumbuhan rambut pada pria.Kurangi juga mengeringkan rambut dengan hair dryerdanpastikan rambutmu selalu kering dari keringat. Yang tak kalah penting adalah konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

6. Bulu hidung & telinga.

Ini cara memperlambat 6 tanda penuaan pada pria

Source: trimthosenosehair.com

Walaupun hingga sekarang masih tak jelas mengapa terdapat bulu hidung dan telinga dapat panjang, namun teori yang paling memungkinkan adalah karena adanya perubahan hormonal yang memengaruhi laju pertumbuhan bulu.

Tak ada cara permanen untuk menghilangkan bulu hidung dan telinga kecuali kalau kamu mau melakukan laser. Cara lain untuk mengendalikan bulu hidung dan telinga yang panjang adalah dengan waxing agar akar bulu hidung dan telinga tercabut. Karena jika hanya mencukur bulu-bulu tersebut, biasanya akan timbul rasa gatal saat bulu tersebut mulai tumbuh lagi.