×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cegah penyakit batu ginjal dengan 4 cara ini

0

Kesehatan

Cegah penyakit batu ginjal dengan 4 cara ini

Batu ginjal merupakan tumpukan dari kalsium yang membeku, menimbulkan rasa sakit pada saat kencing, maupun menimbulkan kencing berdarah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lingshenyao Herbal

14 / 08 / 2019 16:20

Batu ginjal merupakan batu yang terbuat dari bekunya kalsium. Batu ginjal akan terasa sakit jika kamu sedang buang air kecil atau bisa jadi kencing darah. Ini tidak bisa dibiarkan karena sangat berbahaya dan menyebabkan komplikasi kesehatan. Namun alangkah lebih baiknya mencegah dibandingkan dengan mengobati.

cara mencegah batu ginjal

sumber : rheumapas.com

Berikut ini cara untuk mencegah batu ginjal.

1. Menjaga berat badan.

Loading...

Menjaga berat badan menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya batu ginjal karena perkembangan sakit batu ginjal berkaitan dengan berat badan berlebihan. Hal ini menjadikan peningkatan jumlah kalsium dalam urin dan menyebabkan resistensi insulin yang berisiko lebih besar mengalami batu ginjal.

2. Mengurangi konsumsi oksalat.

Makanan yang memiliki kadara tinggi oksalat dapat meningkatkan jumlah urin, sehingga dapat berkaitan dengan membentuk batu ginjal. Beberapa jenis makanan yang mengandung kadar oksalat: buah bit, okra, kiwi, almond, kacang mede, produk kedelai, bayam, kokoa, cokelat, bekatul, dan teh. Makanan tersebut perlu kamu kurangi agar tidak berlebihan dalam memproduksi urin.

3. Membatasi asupan protein hewani.

Dari beberapa makanan sumber protein yang mengandung purin seperti telur, seafood, jeroan, dan susu nantinya akan berubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat akan menjadi salah satu bahan pembentuk batu ginjal tersebut. Maka dari itu kebanyakan mengonsumsi protein hewani bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal.

4. Minum air yang banyak.

Standar minimum minum air putih per hari 8 gelas. Memperbanyak minum air dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal. Dan batasi juga minuman yang mengandung pemanis, alkohol, kafein, minuman bersoda, dan teh. Informasi yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gelas minuman bersoda dapat meningkatkan risiko batu ginjal sebanyak 23 persen.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red