×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cegah musala menjadi cluster Covid-19, mahasiswa UMM lakukan edukasi

0

Komunitas

Cegah musala menjadi cluster Covid-19, mahasiswa UMM lakukan edukasi

Berlakunya era New Normal saat ini mengharuskan segala bentuk aktivitas mematuhi protokol kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dela H Pratiwi

12 / 08 / 2020 11:43

Berlakunya era New Normal saat ini mengharuskan segala bentuk aktivitas mematuhi protokol kesehatan. Tentunya kembali digunakannya tempat ibadah untuk masyarakat umum pada era New Normal juga harus memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan sebagai bentuk antisipasi pencegahan penularan Covid-19.

Mengingat besarnya potensi penularan atau bahkan penyebaran Covid-19 karena berkumpulnya sejumlah orang pada kegiatan ibadah ini memungkinkan terbentuknya cluster baru penularan Covid-19. Oleh karena itu diupayakan pengelolaan kegiatan di tempat ibadah, mulai dari pengaturan jamaah, proses ibadah, hingga upaya kebersihan atau sterilisasi tempat ibadah yang sesuai dengan protokol kesehatan harus benar-benar dipahami dan diterapkan. 

Berawal dari kesadaran pentingnya pemahaman masyarakat tentang kegiatan ibadah di masjid atau mushola yang harus tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 19 mengadakan kegiatan penyuluhan seputar menjaga kebersihan masjid dan musala dari penularan Covid-19 pada masyarakat Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kota Jombang, Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan langsung kepada warga seusai menjalankan ibadah dan juga kepada para takmir masjid atau musala pada tanggal 6 Agustus 2020.

"Harapannya dengan pemahaman masyarakat akan upaya pencegahan penularan Covid-19 selama menjalankan ibadah ini bisa menurunkan potensi terbentuknya cluster penularan penyakit Covid-19 di tempat ibadah sehingga aktivitas ibadah masyarakat di masjid atau musala dapat tetap dilaksanakan dengan aman dan nyaman." Ucap Dela Hesti selaku ketua PMM.

"Informasi yang disampaikan kepada masyarakat dalam penyuluhan ini nantinya dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya menjaga kesehatan diri dan mencegah penularan antar sesama selama menjalankan ibadah jamaah di masjid atau musala." Sambung Qonita sebagai anggota PMM kelompok 19.

Loading...

Kebiasaan baru yang perlu diupayakan antara lain seperti membawa dan menggunakan perlengkapan ibadah sendiri, tetap menjaga jarak ketika beribadah, dan memilih ibadah di rumah jika merasa sedang sakit atau sedang mengalami gejala flu, batuk, dan demam hingga sembuh. 

Selain itu memastikan terciptanya lingkungan tempat ibadah yang bersih harus selalu diupayakan setiap saat. Upaya menjaga kebersihan ini harus lebih sering dilakukan dengan menjaga kebersihan lantai, tempat wudu dan toilet masjid atau musala dengan menggunakan cairan disinfektan.

Selain memberikan penyuluhan kepada jamaah seusai melaksanakan salat, tak lupa juga memastikan informasi seputar pelaksanaan dan menanyakan apa yang menjadi kendala dalam pengelolaan masjid atau musala yang sesuai protokol kesehatan. Caranya dengan diskusi santai hingga kebiasaan baru dalam menjaga kebersihan masjid atau musala sehingga dapat sepenuhnya dimengerti dan dilaksanakan secara teratur.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian edukasi masyarakat yang ke-8 program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) oleh kelompok 19 yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM serta mendapat pengawasan dan bimbingan secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyo Wahyu S, SE., ME. Kegiatan PMM yang dilakukan oleh Kelompok 19 dilakukan selama kurang lebih 40 hari, yang tentunya diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan pastinya bermanfaat khususnya bagi Desa Peterongan, Jombang.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

#kkn
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red