×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara penanganan tumor jinak dan tumor ganas ini patut kamu ketahui

0

Kesehatan

Cara penanganan tumor jinak dan tumor ganas ini patut kamu ketahui

Foto: National Cancer Institute on Unsplash

Tumor merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditakuti. Lantas, bagaimana penanganan tumor yang paling ampuh?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

31 / 05 / 2020 15:27

 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penanganan tumor yang paling ampuh, ada baiknya jika kamu mengenal lebih jauh seperti apa itu penyakit tumor. Tumor sendiri adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan yang menetap di suatu bagian tubuh dan dapat tumbuh membesar. Tumor dibagi menjadi dua tipe, yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Pada dasarnya, dalam dunia medis tumor dijelaskan sebagai pertumbuhan sel secara terus-menerus, tidak terkendali, dan tidak memiliki fungsi apapun di dalam tubuh. Penyebab utama terbentuknya tumor adalah akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru yang tumbuh dengan jumlah sel lama yang sudah mati. Kondisi ini dapat terjadi ketika sel baru terbentuk secara berlebihan atau sel lama yang seharusnya mati masih tetap hidup. Sedangkan penyebab ketidakseimbangan sel tersebut masih belum diketahui dengan jelas.

Tumor jinak dan penanganannya.

Dikatakan sebagai tumor jinak apabila tumor yang terbentuk tidak menyebar atau menyerang jaringan lain di sekitarnya maupun bagian tubuh lainnya. Pada tumor jinak stadium awal atau tumor jinak yang masih berukuran kecil, maka kemungkinan dokter tidak akan memberikan obat apapu pada pengidapnya. Namun, dokter akan melakukan pemantauan rutin untuk melihat apakah tumor tersebut menimbulkan masalah atau tidak.

Loading...

Sementara itu, jika tumor jinak terbentuk di sekitar bagian tubuh vital, seperti saraf atau pembuluh darah, maka kemungkinan dokter akan mengajukan untuk melakukan tindakan pembedahan yang bertujuan untuk mengangkat tumor tersebut. Akan tetapi, jika pembedahan tidak memungkinkan atau sulit dilakukan, maka dapat diambil tindakan terapi radiasi. Tindakan pembedahan juga dapat dipertimbangkan apabila pengidap tumor merasa bahwa tumor yang dialami mengganggu penampilan, misalnya tumor yang tumbuh di leher atau di wajah.

Dalam kebanyakan kasus, tumor jinak dapat diatasi dengan pembedahan, namun ada juga yang memanfaatkan obat tumor untuk mengatasi kondisi ini. Sedangkan, dalam kasus tumor jinak seperti hemangioma, yang mana lokasinya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka dokter biasanya akan meresepkan kortikosteroid untuk mempercepat hilangnya tumor. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa ketika dilakukan operasi pengangkatan, tumor jinak cenderung tidak akan tumbuh kembali.

Tumor ganas dan penanganannya.

Tumor ganas juga dikenal dengan penyakit kanker. Pasalnya, munculnya benjolan akibat tumor ganas ini sering kali dianggap sebagai gejala penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh normal, yang kemudian berubah menjadi sel kanker.

Lain halnya dengan tumor jinak, tumor ganas justru tumbuh secara cepat. Hal ini menyebabkan tumor ganas memiliki potensi untuk menyebar, menyerang dan merusak jaringan yang ada di sekitarnya. Dalam dunia medis, penyebaran sel kanker juga disebut metastasis.

Perlu kamu ketahui, bahwa ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tumor ganas atau kanker. Di antaranya adalah:

- Faktor usia, di mana semakin bertambanhnya usia semakin bertambah pula risiko terkena tumor ganas.

- Faktor lingkungan, di mana adanya paparan bahan kimia berbahaya dan zat beracun, seperti benzena, nikel, asbes, hingga rokok. Selain itu, paparan sinar radiasi, seperti sinar ultraviolet dari matahari, sinar radiasi (alpha, gamma, dan beta), dan sinar radiasi radiologi juga dapat meningkatkan risiko kanker.

- Faktor keturunan, di mana beberapa jeis kanker dapat dipengaruhi akibat penyakit turunan (genetik). Jenis kanker tersebut di antaranya adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker kolorektal (kanker usus besar-anus).

- Pola makan yang buruk juga dapat memicu terjadinya kanker. Lebih baik kurangi konsumsi daging merah dan garam, dan perbanyak asupan serat dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari guna menurunkan risiko kanker.

- Memiliki gangguan pada daya tahan tubuh.

Tumor ganas merupakan kondisi yang perlu diatasi dengan lebih serius. Hal ini disebabkan karena, penyakit ini akan berdapak kepada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa pengobatan tumor ganas yang dapat dilakukan:

1. Kemoterapi.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membunuh sel tumor ganas atau sel kanker di dalam tubuh adalah melalui tindakan kemoterapi. Kemoterapi sendiri dilakkan dengan cara memberikan sejumlah obat yang berfungsi untuk menghancurkan sel tumor ganas yang bersarang di dalam tubuh. Metode pengobatan ini dilakukan sesuai dengan lokasi dan perkembagan tumor ganas tersebut.

Selain itu, dokter juga akan menentukan obat apa yang cocok dengan jenis tumor ganas yang dialami oleh pasien. Obat kemoterapi pun terdiri dari bermacam-macam golongan, setiap golongan memiliki fungsi dan kerja yang berbeda. Contoh obat kemoterapi di antaranya adalah busulfan, temozolomide, dan cisplatin.

2. Imunoterapi.

Imunoterapi merupakan metode pengobatan kanker yang mendorong kerja sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Pengobatan ini dilakukan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga sel kanker bisa mati, tidak berkembang lagi, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Imunoterapi memanfaatkan berbagai jenis obat, seperti pembrolizumab dan durvalumab. Penggunaan obat-obatan dalam imunoterpi juga sama seperti obat tumor lainnya, yakni akan diresepkan sesuai dengan kondisi pasien atau jenis tumor yang diderita.

3. Terapi target.

Terapi targer merupakan metode pengobatan tumor lainnya yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, baik sel kanker yang belum menyebar maupun yang sudah menyebar tanpa merusak sel-sel normal yang ada di sekitanya.

Terpi target sendiri memanfaatkan berbagai macam obat tumor, seperti everolimus, bevacizumab, dan imatinib. Untuk penggunaannya, obat terapi targen akan diresepkan sesuai dengan lokasi perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

4. Pembedahan.

Metode pembedahan pada pengobatan kanker bertujuan untuk membuang jaringan tumor ganas yang ada di dalam tubuh. Umumnya, metode pengobatan ini juga dikombinasikan dengan kemoterapi dan atau terapi radiasi untuk membantu membunuh sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Meski ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan, namun perlu kamu ketahui bahwa tumor ganas berpotensi untuk muncul kembali meski telah dilakukan pengangkatan. Selain itu, masing-masing pengobatan dan pemberian obat tumor juga memiliki efek samping dan kelebihannya sendiri.

Oleh sebab itu jika kamu terdiagnosis memiliki tumor jangan ragu untuk segera mengonsultasikan dengan dokter mengenai penanganan yang terbaik untukmu. Selain itu, kamu juga dapat mendiskusikan jika ada obat tumor yang kamu takutkan atau ingin kamu coba. Dan yang tak kalah penting, usahakan untuk memeriksa kesehatan secara rutin agar dokter dapat selalu memantau perkembangan tumor yang kamu alami.

Melihat bagaimana dampak penyakit tumor untuk kesehatan, ada baiknya bagi kamu untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Pasalnya, pola hidup sehat merupakan kunci utama agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit serius seperti tumor ganas. Mulai sekarang, konsumsilah makanan sehat, olahraga secara teratur, istirahat cukup, serta hilangkan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red