Saat ini,internet sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sebagian kalangan mirip anak muda.Tanpa internet,hidup terasa kurang lengkap,dan terasa dingin apalagi jikalau seseorang sudah menjadi kecanduan dengan dunia maya tersebut.Dan hingga saat ini juga,pertumbuhan jumlah pengguna internet di seluruh dunia kian meningkat,setiap waktu.Hal tersebut memberikan bahwa internet sudah begitu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang.Tak jarang beberapa orang rela mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli sebuah paket data internet,salah satunya pengguna perangkat smartphone Android.Setiap pengguna Android menginginkan koneksi internet yang lebih lama,namun tak jarang kuota data internet mereka cepat habis tanpa mereka sadari.

Ini cara simpel menghemat pemakaian paket data internet di Android

Beberapa orang sering mengeluh ,dikarenakan kuota data internet mereka cepat habis,walupun mereka hanya menggunakan sosial media.Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan beberapa hal yang memang tidak disadari oleh pengguna.Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar kuota internet anda tetap baka dan bertahan lama:

Matikan koneksi internet saat tidak digunakan

Beberapa pengguna mengaktifkan koneksi internet mereka walaupun perangkat tidak digunakan,hal itu tentu membuat kuota internet cepat habis,dikarenakan beberapa aplikasiyang berjalan di background,menggunakan koneksi internet tersebut.

Gunakan browser hemat kuota

Pemilihan aplikasi browser yang tepat cukup terbukti menghemat kuota internet.Saat ini,sudah banyak browser yang memiliki fitur hemat kuota,salah satu UC Browser,Opera Mini dan sebagainya.

Menggunakan koneksi WiFi saat tersedia

Jika anda berada di area yang memiliki fasilitas internet WiFi yang bisa digunakan mirip di kampus,kafe,warkop,maka matikanlah koneksi internet pada perangkat anda,kemudian gunakan fasilitas WiFi tersebut.

Hindari bermain game dan menonton video secara online

Beberapa orang hobi menonton video ataupun bermain game secara online,hal tersebut dapat menyebabkan kuota internet cepat terkuras habis.jika anda seorang yang hobi menonton video dan bermain online,maka gunakan fasilitas WiFi atau menggunakan paket internet unlimited.

Nonaktifkan fitur Auto Sync

Fitur Auto Sync berfungsi untuk melakukan sinkronisasi secara otomatis setiap perangkat terhubung ke internet.Buka menu Pengaturan >Sinkronisasi Akun dan hilangkan centang Sinkronisasi otomatis.

Nonaktifkan fitur Auto Update aplikasi di Playstore

Pada saat terhubung ke internet,biasanya aplikasi akan melakukan update secara otomatis.Buka aplikasi Playstore pilih Setelan >Perbarui Aplikasi Secara Otomatis ,pilih Perbarui Otomatis Aplikasi Hanya Melalui WiFi.


Gunakan aplikasi sosial media sewajarnya

Menginstall terlalu banyak aplikasi sosial media akan membuat kuota internet semakin cepat habis.Bisa dibanyangkan jikan anda menggunakan lebih dari 1 aplikasi sosial media dan setiap aplikasi menghabiskan kuota 10-50 MB tiap harinya.

Tambahan :

Jika anda hobi berselancar di dunia maya,maka saya sarankan anda menggunakan paket data internet yang unlimited.Dan saran saya,gunakan web browser untuk membuka web/situs yang sering anda kunjungi.

Demikian berita tentang bagaimana Cara Menghemat Pemakaian Kuota Internet Di Android,semoga bermanfaat.