Setiap manusia yang ada di dunia ini sangat mendambakan berat badan yang ideal dengan tinggi badan supaya terlihat proporsional, selain itu mempunyai berat badan yang ideal dengan tinggi badan dapat menambah kepercayaan diri dari setiap individu manusia tersebut. Seperti kita ketahui bahwa berat badan yang berlebihan banyak menimbulkan berbagai penyakit, atau sebaliknya dengan berat badan yang kurang pula maka penyakit akan banyak bermunculan.


Namun kita tidak tau bagaimana menghitung berat badan yang ideal tersebut. Berikut cara menghitung berat badan ideal yang telah ditentukan oleh WHO. Pada rumus BMI (Body Mass Index), status berat badan dihitung dengan membandingkan berat badan (kg) dengan kuadrat tinggi badan (m).

Cara mengetahui ideal tidaknya berat badan kita

Rumusnya adalah :
BMI = BB / (TBxTB)
Jika nilai BMI sudah didapat, hasilnya dibandingkan dengan ketentuan berikut :
Nilai BMI < 18,5 = Berat badan kurang
Nilai BMI 18,5 22,9 = Normal
Nilai BMI 23-24,9 = Normal Tinggi
Nilai BMI 25,0 29,9 = Gemuk
Nilai BMI >= 30,0 = Gemuk Banget

Contoh penggunaan rumus BMI : Misal, A mempunyai berat badan 55 kg dengan tinggi badan 1,70 m, maka BMInya adalah 55 / (1,701,70) = 19,03. Dengan nilai IMT 19,03, berat badan A termasuk dalam kategori normal.

Bisa juga kamu coba cek menggunakan tabel ini nih!

Cara mengetahui ideal tidaknya berat badan kita


Sangat mudah bukan? Cara ini dapat dilakukan sendiri di rumah, dengan screening dini dan mengetahui BMI, anda dapat mengontrol berat badan anda dengan pola dan gaya hidup sehat sehingga terhindar dari masalah, gangguan kesehatan atau penyakit-penyakit yang berhubungan dengan berat badan. Berdasarkan rumus di atas apakah berat badan anda tergolong ideal?