Diabetes adalah salah satu penyakit atau kelainan sistem insulin karena kelebihan gula darah. Penderita diabetes sangat disarankan untuk memeriksa jenis makanan yang dikonsumsi, menyesuaikan pola makan dan jumlah makanan. Ini bertujuan untuk mencegah peningkatan kadar glukosa darah setelah makan. Peningkatan kadar gula terutama pada risiko komplikasi makrovaskuler (gangguan vaskular dan penyakit jantung). Penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan rendah glukosa. Selain itu, dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga . Pada kesempatan ini, saya akan membagikan informasi? tentang macam-macam buah yang dapat mengatasi diabetes.

Berikut ini daftar buah yang efektif untuk mengatasi diabetes

1. Buah Ceri

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Ceri adalah salah satu jenis buah yang memiliki tingkat glikemik yang rendah.Ceri bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, hal ini dikarenakan buah ceri mengandung zat yang bernama anthocynanin.Buah ceri juga mengandung zat besi, magnesium, potasium, asam folat, serat dan antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Kiwi

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Buah Kiwi memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam buah kiwi berguna untuk menurunkan kolesterol dan mengontrol gula dalam darah. Selain itu, kiwi juga mengandung flavonoid, vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Kandungan vitamin C dalam buah Kiwi bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

3. Buah Apel

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Apel adalah jenis buah yang mempunyai tingkat glikemik yang rendah. Di dalam buah apel terkandung zat yang bernama pektin, yang bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh atau menghilangkan zat berbahaya dalam tubuh. Pektin memiliki kandungan galacturonic yang membantu menurunkan hormon insulin bagi penderita penyakit diabetes. Selain itu, kandungan vitamin C dalam apel berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah zat yang berbahaya atau radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

4. Buah Pir

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Buah pir mengandung magnesium, kalium, fosfor, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2 dan juga serat.Zat-zat dalam buah pir tersebut sangat bermanfaat bagi penderita diabetes,antara lain menurunkan tekanan darah, sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol dalam darah dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Buah Berry

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Buah berry termasuk dalam jenis buah yang mempunyai tingkat glikemik dan karbohidrat yang rendah dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya.Buah berry dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.Di dalam buah berry mengandung asam folat, fitokimia, vitamin C dan serat yang cukup tinggi.

6. Buah Jeruk

Kurangi risiko diabetes dengan konsumsi buah-buahan ini

Kandungan naringenin dalam buah jeruk berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dan kadar insulin dalam darah. Selain itu, jeruk berguna untuk menjaga berat badan agar tidak mengalami obesitas. Salah satu pemicu diabetes adalah kelebihan berat badan. Jeruk mengandung vitamin C dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah.