Old Firm Derby di kota Glasgow, Skotlandia, yang akan terjadi pada hari Minggu, 2 September 2018, bakal terasa lebih spesial. Pasalnya dua sosok penting akan bertemu kembali, tapi kali ini mereka bakal berhadapan sebagai lawan. Brendan Rodgers dan Steven Gerrard adalah legenda yang pernah menjadi manajer dan pemain saat mereka berada di tim Liverpool FC. Kedua orang ini pernah berkolaborasi, dan puncaknya mengantarkan Liverpool menjadi runner up EPL di musim 2013-14.

Brendan Rodgers & Steven Gerrard akan bertarung di Old Firm Derby

Kali ini mereka berdua tidak lagi beraksi di Liga Primer Inggris, tapi telah berlalang buana di Liga Primer Skotlandia atau Scottish Premier League (SPL). Rodgers menangani Celtic FC, sedangkan Gerrard baru saja ditunjuk awal musim ini sebagai manajer rival sekota mereka yaitu Rangers FC. Dua klub tersebut merupakan tetangga sekaligus musuh bebuyutan. Jika mereka bertemu, dipastikan pertandingan akan berlangsung keras dan menarik. Kartu kuning, kartu merah, dan perkelahian, telah menjadi hal yang biasa dalam pertandingan kedua tim ini.

Brendan Rodgers & Steven Gerrard akan bertarung di Old Firm Derby

Dua tim ini merupakan klub terbesar di Skotlandia. Di kompetisi SPL, Celtic telah menjadi juara sebanyak 49 kali dan Glasgow Rangers 54 kali. Pertemuan antara kedua tim ini juga lebih banyak dimenangkan oleh Glasgow Rangers, yaitu 159 kali menang, 99 kali imbang dan 155 kali kalah. Tapi di beberapa tahun terakhir, pamor Celtic melejit meninggalkan lawannya. Pasalnya, di tahun 2012, Glasgow Rangers menghadapi masalah keuangan dan pajak, serta harus dilikuidasi menjadi perusahaan baru bernama Rangers FC. Sebagai tim baru, mereka tidak berhak mengikuti SPL dan harus berjuang di Scottish Football League, yaitu liga dengan kasta yang lebih rendah. Baru pada musim 2015-16, mereka berhasil promosi kembali ke SPL.

Brendan Rodgers & Steven Gerrard akan bertarung di Old Firm Derby

Brendan Rodgers ditunjuk sebagai bos Celtic pada tahun 2016, dan hingga kini, dia tak pernah kalah saat menghadapi Rangers. Celtic di bawah asuhan Rodgers menang 11 kali melawan Rangers yang dikomandoi oleh 3 manajer yaitu Mark Warburton, Pedro Caixinha dan Graeme Murty. Sedangkan Gerrard juga berhasil membuat tim barunya terkalahkan di 11 pertandingan awal di yaitu pertandingan pramusim, Europa League, SPL, serta Liga Skotlandia. Di kompetisi SPL saat ini, Celtic berada di urutan kedua di bawah Hearts, dengan menghasilkan 2 kemenangan dan 1 kali imbang. Sedangkan Rangers ada di posisi 4 sementara, dengan 1 kali menang dan 2 kali imbang.

Brendan Rodgers & Steven Gerrard akan bertarung di Old Firm Derby

Brendan Rodgers berkata bahwa dia menantikan untuk berhadapan dengan Gerrard. "Saya menantikan untuk bertemu Steven. Dia orang yang baik, kami bekerja sama dengan baik di Liverpool. Saya tidak perlu melihatnya sebagai pertempuran di pinggir lapangan, saya melihatnya sebagai pertarungan antar tim di lapangan. Siapapun pelatih atau manajer saat itu, saya tidak peduli."

"Saya melihat mereka dan berpikir bagaimana mereka bermain dan mempersiapkan tim untuk memenangkan pertandingan. Itulah yang telah saya coba lakukan dalam 11 pertandingan melawan Rangers dalam dua tahun di sini. Jadi itulah fokusnya. Kami mencoba menganalisis mereka sebaik mungkin."

"Tidak ada keraguan bahwa Steven telah membuat perbedaan bagi mereka dan membuat perubahan pada mereka, sebuah perubahan positif. Apa pun bentuknya, mereka selalu merupakan tim yang menyulitkan, sehingga pendapat kami setelah hari Kamis akan fokus pada hal itu dan siap untuk itu."

Kita tunggu siapa yang akan menjadi pemenang dalam Old Firm Derby di Celtic Park, pada hari Minggu mendatang.