Media sosial bisa menjadikan orang seperti zombie. Mata hampir tak lepas dari layar ponsel pintar. Bangun tidur langsung buka medsos. Sarapan sambil cek pesan-pesan.

 Light Phone 2, 'stupidphone' yang wajib dimiliki pecandu smartphone

Lalu naik kendaraan pribadi, di jalan juga sambil apdet status. Naik kendaraan umum lebih parah lagi. Kuping tertutup dengan musik dari ponsel, mata menatap layar. Tiap hari seperti itu?

Nah, kalau ingin lepas dari 'candu' ponsel pintar semacam itu, cobalah ponsel 'bodoh' ini. Bukan berarti kembali ke ponsel zaman dulu. Sebab, sistemnya tetap memakai layar sentuh.

Hanya saja, tidak ada aplikasi macam-macam. Semua standar. Menurut laporan inc.com, ponsel ini bisa kirim pesan teks, ada fitur GPS, alarm, dan didesain siap memakai jaringan 4G. Nama produk ini Light Phone 2.

Salah satu kelebihannya, Light Phone 2 bisa dipakai dengan nomor yang ada, jadi Anda bisa meninggalkan ponsel pintarnya di rumah. Tim pengembang produk yang sudah dalam tahap produksi ini berharap barang sudah mulai dikirimkan mulai April 2019.

Atau, kalau ingin benar-benar bebas dari ponsel, cobalah ponsel bodoh betulan ini.

Seorang desainer asal Austria, Klemens Schillinger, telah membuat produk yang dia pikir bisa membantu orang-orang yang kecanduan ponsel. Ya, ponsel mungkin adalah candu!

Alat ini disebut Substitute Phone (telepon pengganti). Tidak ada fungsi ponsel yang bisa digunakan. Alat ini seperti mainan saja. Ada beberapa bola yang bisa diputar untuk menyerupai gerakan-gerakan tangan di atas layar sentuh saat memakai ponsel pintar.