×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bisa dilakukan di rumah, begini 5 cara mengenali gejala tumor payudara

0

Cewek

Bisa dilakukan di rumah, begini 5 cara mengenali gejala tumor payudara

Dengan memperhatikan perubahan fisik payudara dari waktu ke waktu, tentunya tidak akan sulit untuk mengetahui adanya penyakit pada payudaramu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

23 / 04 / 2019 15:25

Bagi setiap wanita, tentunya sangat penting untuk mengetahui perubahan pada kondisi fisiknya, apalagi pada payudaranya. Mulai dari perubahan bentuk tekstur dan sebagainya. Hal ini ditujukan untuk mengetahui apakah fisik payudara tersebut normal atau tidak. Takutnya payudara kamu terindikasi terkena penyakit tertentu, salah satunya tumor.

Dengan memperhatikan perubahan fisik payudara dari waktu-ke waktu, tentunya tidak akan sulit untuk mengetahui adanya penyakit pada payudaramu.

 

Nah, pada artikel ini akan menerangkan bagaimana cara mengenali gejala tumor payudara melaui perubahan fisiknya. Cara ini bisa kamu terapkan sendiri di rumah tanpa harus melakukan pemeriksaan medis.

1. Cek secara berkala.

Loading...

Bisa dilakukan di rumah, begini 5 cara mengenali gejala tumor payudara

Image: https://lingshenyao.id/

Buatlah jadwal rutin untuk memeriksa keadaan payudara setelah selesai mestruasi. Pada kondisi normal maka payudara akan terasa lebih empuk dan hormon pun akan relatf stabil. Cobalah kamu cek secara berkala, apakan ada perubahan atau tidak.

 

2. Bercermin.

https://lingshenyao.id/ https://lingshenyao.id/

Image: https://lingshenyao.id/

Coba kamu bercemin dengan melihat kondisi payudara, baik itu warna kulit, kontur, dan bentuknya. Supaya dapat terlihat jelas, lakukan dengan telanjang dada dan letakkan kedua tangan pada pinggang (tolak pinggang). Di situ kamu bisa perhatikan dan rasakan apakah ada perubahan atau tidak.

 

3. Perhatikan gerakan payudara.

https://lingshenyao.id/ https://lingshenyao.id/

Image: https://lingshenyao.id/

Lakukan gerakan dengan mengangkat kedua tangan di atas  kepala. Apakah dengan gerakan tersebut membuat payudaramu berubah? Kamu cukup perhatikan saja gerakan payudaranya, apakah berbeda satu sama lain, cek ukuran dan cara menggantungnya, apakah simetris (kedua belah bagian sama). Lihat juga pada bagian areloa (daerah gelap di sekitar puting payudara) apakah warnanya sama dan merata. Dan lihatlah, apakah ada bengkak atau benjol di bagian tertentu (ini pasti terlihat).

 

4. Raba payudara.

Bisa dilakukan di rumah, begini 5 cara mengenali gejala tumor payudara

Image: https://lingshenyao.id/

Coba kamu cek dengan meraba payudara dan memijatnya dari luar payudara sampai ke area dalam payudara. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa melakukan dalam kondisi tubuh yang basah. Dengan tubuh yang lembap, benjolan payudara akan mudah didapati.

 

5. Periksa kondisi puting.

https://lingshenyao.id/ https://lingshenyao.id/

Image: https://lingshenyao.id/

Coba gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat dan pijit apakah ada cairan yang keluar normal (seorang wanita pasti bisa membedakan cairan normal dan tidak). Dan coba tarik puting kamu, apakah kembali pada posisi semula.

Kamu perlu waspada jika mendapati gejala seperti di bawah ini:

1. Ada  benjolan pada payudara atau di dekat payudara.  Misalnya dekat area luar yang tetap terasa walaupun menstruasi sudah selesai. Dan benjolan tidak bisa bergeser ketika digerakkan atau ditekan.

2. Pada salah satu atau kedua bagian payudara, bentuk, ukuran, dan kontur akan terlihat jelas dan berbeda dibanding daerah sekitarnya.

3. Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada puting, seperti warna kemerahan dan cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik.

4. Ada cairan yang kelur berwarna bening atau darah.

Bagaimana, cukup mudah kan untuk mengenali gejala dari tumor payudara? Setelah kamu mengetahuinya sendiri dan merasakan ada gejala tersebut, langkah selanjutnya kamu harus segera melakukan pemeriksaan medis agar mendapatkan pertolongan medis secepatnya dan tumor pun bisa dicegah sedini mungkin.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red