×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bikin fokus, 3 aplikasi ini bisa bantu kamu lebih produktif

0

Gadget

Bikin fokus, 3 aplikasi ini bisa bantu kamu lebih produktif

Foto: Karolina Grabowska dari Pixabay

Kamu bisa lebih produktif dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mufida Saediman

18 / 08 / 2021 17:15

Di masa pandemi ini, semua kegiatan menjadi serba online, terutama di bidang pendidikan. Murid sekolah dan mahasiswa harus belajar dengan guru dan dosennya melalui aplikasi virtual meeting. Tugas-tugas pun kebanyakan diberikan dan dikerjakan melalui laptop atau ponsel pintar. Hal ini menyebabkan kejenuhan dan kurang fokus karena terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain di luar pembelajaran, misalnya media sosial.

Agar lebih fokus, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang menghambatmu menggunakan ponsel selama mengerjakan tugas sehingga menjadi lebih produktif.

1. Forest.

Aplikasi Forest

Forest merupakan aplikasi pengembangan diri yang dikembangkan oleh Seekrtech. Forest menjadi aplikasi yang sangat ampuh karena fitur-fitur di dalamnya bisa meningkatkan fokus belajar.

Di dalamnya, tersedia fitur timer belajar dan istirahat yang bisa diatur sendiri oleh pengguna. Saat mengatur timer, pengguna tidak bisa membuka aplikasi lain di luar Forest sebelum waktu habis. Apabila melanggar, tanaman timer akan mati. Dengan fitur ini, pengguna mau tidak mau harus fokus mengerjakan sesuatu tanpa membuka aplikasi lain.

Loading...

Selain itu, pengguna bisa membeli jenis tanaman lain dalam aplikasi ini yang kemudian akan didonasikan pada perkembangan hutan secara nyata.

2. Pomodoro Timer.

Aplikasi Pomodoro Timer

Seperti Forest, Pomodoro juga menyediakan fitur timer. Yang membedakan adalah penggunaan Pomodoro lebih sederhana dan waktu timer sudah diatur aplikasi. 25 menit waktu fokus, 5 menit waktu istirahat. Setelah berhasil melalui empat kali waktu fokus, pengguna akan mendapatkan waktu istirahat lama yakni 15 menit. Sistem ini merupakan konsep Pomodoro yang membuat seseorang fokus dalam kegiatannya namun juga tidak lupa untuk beristirahat.

3. Flashcard.

Aplikasi Flashcard

Dalam aplikasi Flashcard, pengguna dapat memasukkan materi pembelajaran yang kemudian akan diubah menjadi soal-soal dengan banyak jenis tantangan. Pengguna bisa memasukkan kosakata beserta maknanya, materi, dan rumus. Flashcard kemudian akan mengubahnya menjadi soal sehingga pengguna bisa belajar mengerjakannya. Flashcard menyediakan tantangan seperti pilihan ganda, soal esai, dan menghubungkan pilihan.

Dengan bantuan aplikasi-aplikasi di atas, tidak ada lagi alasan untuk tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Dunia semakin berkembang, cara belajar juga harus menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red